Ketahui Cara Agar Anak Tetap Sehat dan Aktif Saat di Rumah Saja

AUG (10) Ketahui Cara Agar Anak Tetap Sehat dan Aktif Saat di Rumah Saja.jpg

Harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja tentunya merupakan perubahan yang tak mudah untuk anak dan juga Ibu. Banyak rutinitas yang mungkin kini sulit dilakukan dan dapat membuat anak menjadi rewel. Salah satu yang mungkin paling terasa adalah berkurangnya ruang gerak anak, padahal ia perlu aktif bergerak agar menjadi anak sehat.

 

Perubahan kondisi seperti ini tentu membutuhkan adaptasi. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Ibu coba terapkan agar anak sehat dan aktif walau di rumah saja.

 

  1. Tetap pastikan anak mendapat asupan gizi seimbang setiap hari

    Gizi yang baik adalah salah satu bagian penting agar anak sehat dan tumbuh kembangnya berjalan optimal. Supaya anak tetap semangat menyantap menu yang Ibu sajikan, Ibu dapat menyajikannya dalam bentuk-bentuk yang berbeda. Salah satunya adalah dengan membuat menu makan siang ala bekal sekolah yang disajikan dalam kotak makan atau membuat menu ‘piknik di rumah’ saat akhir pekan. Selain itu, Ibu juga dapat membuat kreasi sehat dari menu restoran kesukaan anak. Jangan lupa pula untuk menyajikan camilan sehat untuk bantu penuhi kebutuhan gizi harian anak ya, Bu.

     

  2. Buat kesepakatan soal screen time

    Sekarang ini banyak aktivitas yang jadi dilakukan secara online, termasuk aktivitas belajar anak. Ibu tentu tetap perlu membatasi penggunaan gadget diluar yang memang harus dilakukan seperti saat harus sekolah online. Hal ini supaya mata anak tidak terus-menerus terkena cahaya dari gadget dan aktivitas anak tidak hanya duduk di depan layar. Diskusikan dengan anak kapan dan berapa lama ia boleh menggunakan gadget, buat kesepakatan dan jalankan secara konsisten.

     

  3. Dorong anak untuk aktif bergerak

    Aktif bergerak perlu dilakukan untuk dukung anak sehat. Agar menjadi kebiasaan, Ibu dapat membuat rutinitas olahraga bersama anak di rumah. Selain dapat membantu menjadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari anak, berolahraga bersama anggota keluarga lain tentu akan membuat anak lebih bersemangat. Cara lain yang dapat Ibu lakukan adalah melalui berbagai permainan seru yang mendorong anak untuk bergerak, misalnya dengan bergoyang mengikuti lagu favorit anak. Ibu juga bisa menyiasatinya dengan mengajak anak melakukan berbagai tugas rumah tangga bersama Ibu yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak, seperti membereskan mainan setelah bermain.

     

  4. Aktivitas di luar ruang

    Aktivitas di luar ruang bisa dilakukan sebagai bagian dari aktivitas untuk mendorong anak bergerak, misalnya olahraga ringan di pagi hari dan bermain di teras atau di halaman. Juga seperti yang disebutkan di atas, ajak anak membantu melakukan tugas rumah tangga yang sesuai dengan kemampuan anak, seperti ikut Ibu menjemur pakaian dan menyiram tanaman.

     

  5. Pastikan anak istirahat yang cukup.

    Walaupun kegiatan belajar anak juga dilakukan di rumah saja, Ibu tetap perlu memastikan anak tidur dan beristirahat yang cukup, ya. Tetap buat rutinitas tidur malam sehingga anak tidak tidur terlalu larut, karena jika anak-anak kurang tidur, mereka juga dapat menjadi kekurangan energi untuk melakukan aktivitas yang diperlukan agar tetap sehatseperti berolahraga.

     

Yuk Bu, ciptakan rutinitas yang baik untuk mendukung agar anak sehat, aktif, dan gembira selama di rumah saja.

 

***

Topik: Tips menjaga kesehatan anak saat sedang di rumah saja.

 

Sumber:

https://www.webmd.com/parenting/raising-fit-kids/move/healthy-summer-kids 

https://healthblog.uofmhealth.org/childrens-health/stuck-at-home-6-ways-to-keep-your-kids-healthy-and-happy 

https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/COVID-19/Pages/Helping-Kids-Stay-Active-During-COVID-19.aspx