Aktivitas di Rumah untuk Dapatkan Manfaat Vitamin D

AUG (3) Ide Aktivitas Seru di Rumah untuk Dapatkan Manfaat Vitamin D.jpg

Bu, vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang penting bagi tumbuh kembang anak. Manfaat vitamin D bagi anak diantaranya adalah untuk membantu penyerapan kalsium sehingga penting untuk menjaga kesehatan tulang anak. Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa vitamin D memiliki peran dalam membantu menjaga sistem imunitas.

 

Tentunya, untuk mendapatkan manfaat vitamin D yang optimal, anak perlu mendapatkan vitamin D yang cukup pula. Padahal, selain dari bahan pangan yang difortifikasi dengan vitamin D, bahan pangan yang secara alami mengandung vitamin D jumlahnya tak banyak. Tetapi, dengan bantuan sinar matahari yang cukup, tubuh anak bisa mengaktifkan vitamin D.

 

Nah, saat sedang di rumah saja seperti sekarang ini, umumnya aktivitas anak di luar ruang pun menjadi berkurang. Padahal anak perlu mendapatkan sinar matahari agar ia bisa mendapat manfaat vitamin D yang dibutuhkan. Untuk menyiasatinya, Ibu bisa mengajak anak melalukan aktivitas seru di halaman pada waktu yang tepat. Supaya Ibu tidak kehabisan ide aktivitas bersama anak, yuk lihat beberapa ide aktivitas seru yang bisa dilakukan di rumah agar anak bisa mengaktifkan manfaat vitamin D dari sinar matahari pagi.

 

  1. Bermain air

    Aktivitas yang sudah pasti disukai anak, bukan? Ibu bisa menggunakan berbagai perangkat untuk mengajak anak bermain air di halaman. Misalnya, dengan kolam karet, atau sekedar dengan selang air. Ibu juga bisa menyiapkan ember atau beberapa wadah plastik dan biarkan anak asyik menuang dan bermain air.

     

  2. Berkebun

    Aktivitas luar ruang ini bisa dilakukan di halaman rumah, atau di teras maupun balkon yang terkena sinar matahari sesuai dengan lahan terbuka yang tersedia di rumah Ibu. Sediakan beberapa pot kecil dan ajak anak menanam jenis tumbuhan yang tak terlalu sulit dirawat. Dengan aktivitas ini, anak akan memiliki aktivitas di luar ruang yang rutin ia lakukan setiap hari.

     

  3. Permainan tradisional

    Ada banyak pilihan permainan tradisional yang bisa Ibu dan anak lakukan di luar ruangmisalnya bermain karet, bermain engklek, tak jongkok, bermain kelereng, dan lain sebagainya. Bahkan permainan tradisional seperti engklek pun bisa dilakukan di atas tikar yang digelar di halaman, teras, atau balkon saat matahari pagi bersinar.

     

  4. Piknik

    Yuk, ajak anak menikmati sarapan atau camilan ala piknik di halaman, teras, atau balkon yang terkena pancaran sinar matahari pagi. Siapkan menu sarapan atau camilan sehat dan juga minuman, lalu gelar tikar agar dapat duduk bersama. Nikmati piknik di pagi hari sambil mengobrol atau membaca buku bersama anak. Seru, kan?

     

  5. Membantu tugas rumah tangga

    Ya, Ibu bisa melibatkan anak untuk membantu melakukan tugas rumah tangga yang biasanya dilakukan di luar ruang seperti mencuci mobil atau sepeda, menyiram tanaman, membersihkan daun kering, atau menjemur pakaian. Tentunya sesuaikan tugas dengan usia dan kemampuan anak danangan lupa untuk selalu mendampingi mereka.

     

Tentunya masih banyak lagi aktivitas yang bisa Ibu lakukan untuk mendorong anak menghabiskan waktu di luar ruang yang terpapar sinar matahari pagi agar ia mendapatkan manfaat vitamin D. Selamat mencoba!

 

Sumber:

https://www.parents.com/recipes/scoop-on-food/why-vitamin-d-is-so-important-for-your-kids/ 

https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/teen/nutrition/Pages/Vitamin-D-and-Sun-Exposure.aspx 

https://raisingchildren.net.au/teens/healthy-lifestyle/nutrients/vitamin-d 

https://www.sehatq.com/artikel/ternyata-ini-waktu-berjemur-yang-baik-di-bawah-sinar-matahari 

https://www.verywellfamily.com/outdoor-family-activities-2764716