7 Cara Kreatif Mengatasi Anak Susah Makan

7 Cara Kreatif Mengatasi Anak Susah Makan (2).jpg

Menghadapi anak susah makan memang masalah yang sering dihadapi oleh banyak Ibu. Pasalnya, Ibu tahu anak Ibu membutuhkan gizi seimbang agar tumbuh kembangnya berjalan optimal, tetapi di sisi lain Ibu juga tahu bahwa memaksa anak untuk makan bukanlah cara mengatasi anak susah makan yang tepat.

Jadi apa yang harus Ibu lakukan? Beberapa anak memang ada yang susah makan karena kondisi khusus atau masalah kesehatan. Tetapi ada pula yang sekedar tak suka rasa sayur, langsung menolak jika tak suka tekstur makanan yang Ibu sajikan, atau tutup mulut setiap menghadapi makanan baru. Nah, untuk mengatasinya Ibu tentu perlu mencoba berbagai cara, termasuk cara-cara yang kreatif dan menarik untuk anak. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi anak susah makan yang bisa Ibu coba di rumah.

 

  1. Sajikan makanan anak dalam bentuk yang menarik

    Tentunya Ibu dapat mencoba menyajikan makanan anak dalam bentuk yang lucu dan menarik sebagai cara mengatasi anak susah makan. Misalnya mencetak nasi menjadi bentuk beruang, wortel bentuk bunga, dan sebagainya. Bukan hanya itu, menyajikan makanan dengan bahan aneka warna pun akan membuat tampilan makanan lebih menarik di mata anak. Dalam hal ini proses pemasakan juga akan sangat mempengaruhi warna makanan. Bukan hanya itu, perangkat makan yang menarik dan lucu juga dapat membantu anak makin semangat makan lho, Bu.

     

  2. Bermain dengan makanannya

    Tentunya, yang dimaksud bukan memainkan makanan di piring tanpa memakannya ya, Bu. Biarkan anak mengeksplor isi piringnya, misalnya dengan merasakan teksturnya atau mencium baunya. Bermain dengan makanan juga bisa dilakukan ketika bahan pangan belum dimasak. Ajak anak menyiapkan, melihat, dan memegang bahan-bahan yang kemudian akan Ibu olah menjadi menu makanannya. Atau mungkin mencoba menanam sendiri beberapa jenis sayuran yang mudah ditanam di rumah, untuk kemudian diolah menjadi menu makanan anak.

     

  3. Ajak anak makan bersama teman atau saudaranya

    Makan bersama anggota keluarga tentu bisa menjadi cara mengatasi anak susah makan. Tetapi yang juga bisa Ibu coba adalah mengajak anak makan bersama teman atau saudaranya untuk menciptakan suasana baru. Kadang-kadang anak menolak makan sayur walau Ibu sudah membujuknya sedemikian rupa, tetapi hanya dengan melihat temannya makan sayur dengan lahap bisa mendorong ia untuk mau mencoba makan sayur juga. Ingat, Ibu juga bisa memberikan contoh makan bergizi Ketika makan bersama anak, dengan melihat contoh dari orangtuanya akan membuatnya tertarik untuk mencoba juga.

     

  4. Perkenalkan sayur dengan berbagai cara kreatif

    Ya, sering kali sayur yang menjadi ‘sumber masalah’ bagi anak yang susah makan. Karena itu, Ibu dapat mencoba mengajak anak mengenal aneka sayur sengan cara-cara yang menyenangkan. Misalnya, ikut berbelanja sayur di supermarket, membuat menu kesukaan anak tetapi dikombinasikan dengan sayur, mewarnai gambar sayur, membaca buku bergambar tentang sayur, membuat permainan yang berkaitan dengan makan sayur, dan sebagainya.

     

  5. Hindari memberikan label pada suatu jenis makanan dan ikut mencontohkan pola makan sehat

    Memberi label makanan seperti kue atau pudding ‘enak’ dan bayam atau wortel ‘sehat’ bisa membuat anak menganggap sayuran hanya sehat tetapi rasanya tidak enak. Selain itu, berulang kali mengucapkan kalimat seperti, “Ayo makan sayurnya!” dapat membuat anak justru tak mau makan sayur. Sebagai gantinya, Ibu dapat meminta anak untuk mencoba sambil Ibu sendiri ikut makan dan kemudian membiarkan anak atau pura-pura tak memperhatikan lagi apakah ia memakannya atau tidak. Kemungkinan anak akan penasaran dan mau mencoba apabila ia tidak disuruh-suruh. Jangan lupa pula, seringkali Ibu perlu mencoba memberikan anak satu jenis makanan baru beberapa kali sebelum anak akhirnya menyukainya. Tetap semangat ya, Bu.

     

  6. Ajak anak ngobrol saat makan

    Mengobrol sambil makan bersama anak bisa membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan dan membuat anak lebih semangat makan, asal tidak sampai mengganggu proses makan anakIbu bisa memulai dengan topik sederhana seperti film kesukaannya, mainan kesukaannya, atau bercerita mengenai apa saja dan bisa dikaitkan dengan fungsi dan manfaat dari makanan yang sedang dikonsumsi.

     

  7. Mulai dari apa yang anak sukai

    Ada anak yang suka satu atau dua jenis makanan saja, dan hanya mau makan makanan tersebut. Cara mengatasi anak susah makan yang seperti ini bisa dengan memanfaatkan makanan kesukaannya tersebut. Misalnya, jika anak suka sekali pizza, Ibu bisa mencoba mengenalkan berbagai bahan pangan sebagai topping pizza atau membuat menu makan lain yang rasanya mendekati rasa pizza. Misalnya pasta dengan tomat dan daging. Jika anak hanya mau makan chicken nugget, misalnya, Ibu bisa mencoba membuat chicken nugget sendiri dengan ditambahkan sayuran atau menggunakan tahu. Ibu juga bisa perlahan mengurangi tepung panir pada chicken nugget yang dibuat, lalu perlahan menyajikan ayam potongan yang mengerupai nugget, dan beranjak ke menu ayam lainnya.

     

Menyajikan makanan yang anak suka menjadi berbagai menu sehat bergizi juga bisa jadi cara mengatasi anak susah makan. Misalnya membuat aneka menu dari sereal sarapan kesukaan anak. Berbagai ide resepnya bisa Ibu lihat di sini.

 

Sumber:

https://www.parents.com/recipes/nutrition/picky-eater-strategies/

https://www.healthylittlecooks.com/10-creative-ways-to-enjoy-veggies-with-your-kids/

https://www.verywellfamily.com/tips-for-dealing-with-a-fussy-eater-4065124

https://www.healthline.com/nutrition/tips-for-picky-eaters#TOC_TITLE_HDR_2