d07a96990bc70deea3db0b5e01f9ae9152c9b91b.jpeg

Kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk mencipta, daya cipta, perihal berkreasi serta kekreatifan. Dalam kehidupan si Kecil, Ibu perlu membantu meningkatkan kreativitasnya karena dengan hal tersebutlah, si Kecil mampu menciptakan hal baru serta menemukan solusi dan alternatif pada suatu hal. Namun, apakah Ibu terkadang merasa bingung bagaimana cara mendukung kreativitas si Kecil? Agar si Kecil dapat mengasah kreativitasnya, Ibu dapat mendukungnya dengan aneka jenis aktivitas bermanfaat yang dapat dilakukan bersama dengan si Kecil seperti di bawah ini.

  1.  Membuat prakarya

Kertas-kertas yang berasal dari kalender, koran, atau majalah bekas dapat menjadi alat bantu Ibu untuk membuat kartu ucapan sendiri bersama si Kecil. Selain kartu ucapan, Ibu dapat membuat aneka kolase atau scrapbook. Ibu juga dapat menjadikan scrapbook sebagai buku harian si Kecil yang dapat ia isi dengan  cerita pengalamannya, aneka gambar, serta foto. Pada mulanya, Ibu dapat mengajarkan bagaimana sebaiknya membentuk prakarya yang baik, namun seiring waktu Ibu perlu menghargai gaya dan pilihan si Kecil, ya.

  1. Bermain Peran

Sebagian besar anak-anak menyukai permainan peran. Dengan bermain peran bersama si Kecil, Ibu dapat secara tidak langsung mendorong ia agar bersikap lebih kreatif, mengasah imajinasi, serta melatih si Kecil untuk berinteraksi. Kegiatan yang satu ini pun cenderung mudah dilakukan karena bisa dilakukan dimana saja. Alat bantunya pun dapat Ibu sesuaikan, boleh dengan menggunakan boneka atau si Kecil sendiri yang bermain peran.

  1. Menggambar

Menggambar dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi si Kecil. Dukunglah ia dengan aneka pensil warna, spidol ataupun krayon agar ia dapat menggambar hal apapun yang ia suka. Tidak perlu mengharapkan hasil gambar yang bagus, Ibu hanya perlu mendukung proses menggambar yang si Kecil lakukan.  Jangan lupa untuk selalu hargai hasil karyanya agar ia tak mudah putus asa saat mengasah kreativitasnya dalam menggambar. Belajar menggambar berisiko untuk kotor, jadi jangan membatasi si Kecil karena alasan tersebut, ya.

  1. Melukis

Selain menggambar, kegiatan seni serupa yang dapat mendukung kreativitas si Kecil adalah melukis. Apabila biasanya melukis identik dilakukan dengan kuas, Ibu dapat mencoba melukis dengan tangan atau alat bantu lainnya, seperti sikat gigi bekas, cotton bud, ataupun kapas. Medianya pun tidak harus kanvas, Ibu dapat mencoba membuat shibori.

Pernah mendengar kata “shibori” sebelumnya, Bu? Dilansir dari High Museum of Art Atlanta, Shibori adalah teknik pencelupan kain dari Jepang yang biasanya melibatkan kain dan mengikatnya. Kain akan diikat sehingga pewarna akan tertahan sehingga menghasilkan pola tertentu yang terdiri dari dua warna berbeda, seperti biru dan putih. Dengan teknik shibori yang luas, Ibu dan si Kecil dapat menghasilkan kain dengan pola yang unik. 

Melalui kreativitas, Ibu dapat memperoleh banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Berkreasi dapat membuat si Kecil merasa bebas dan jauh dari kesan tertekan. Dengan suasana bebas dan menyenangkan inilah, si Kecil bisa mengekspresikan jiwa dan emosinya sehingga terpupuk rasa percaya diri. 

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini