Menu Sarapan Pagi Penunjang Aktivitas Si Kecil

44629afd738e93f059f6b4dbc2a0062a783800ab.jpeg

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2010, diketahui bahwa 26,1 persen anak Indonesia hanya sarapan dengan minuman (air, teh, atau susu). Hasil survery lainnya menunjukkan bahwa 44,6 persen anak Indonesia sarapan dengan kualitas rendah atau jumlah konsumsi energi kurang dari 15 persen AKG dan hanya 10,6 persen anak yang sarapannya mencukupi asupan energi lebih dari 30 persen.

Jangan biarkan kondisi si kecil menurun dan ia merasa lemah untuk melakukan kegiatan sehari-harinya. Sarapan pagi merupakan titik awal agar ia mampu belajar dengan baik di sekolah serta bermain bersama teman-temannya. Lalu, bagaimana caranya mengakali si kecil untuk selalu sarapan setiap hari? Ibu jangan putus asa terlebih dahulu, ya. Asah kreativitas Ibu dengan membuat menu sarapan pagi yang disukai si kecil. Menu - menu sarapan pagi di bawah ini dapat menjadi inspirasi Ibu agar si kecil semangat menghabiskan makanannya setiap hari.

  1. Bubur Ubi Ungu

Sajikan menu sarapan pagi yang satu ini yuk, Bu. Warna ungunya yang menarik dapat menggugah selera makan si kecil, lho. Tidak hanya tampilannya yang menarik, bubur ubi ungu juga mengandung gizi yang baik bagi si kecil. Ubi ungu mengandung kalsium, zat besi, serta 3 vitamin penting bagi tubuh, yaitu A,B, dan C. Ubi ungu juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan kaya dengan kandungan antioksidan. Cara membuatnya cukup mudah, cukup kukus ubi lalu masak bersama susu kental manis dan air. Untuk lengkapnya, dapat ibu cari tahu di sini, ya.

  1. Salad Kentang Saus Putih

Sarapan si kecil seringkali tidak habis ketika Ibu menyajikan nasi sebagai menu sarapan pagi? Beralih ke kentang sebagai alternatifnya, yuk. Dengan menu salad kentang saus putih ini, si kecil dapat belajar untuk mengonsumsi sayur-sayuran. Tidak hanya sayuran, si kecil juga dapat memperoleh protein hewani dari daging ayam. Segera sajikan salad ini di rumah Ibu dengan membaca resepnya di sini.

3.Egg Benedict

Menu sarapan pagi berbahan dasar roti gandum ini semakin lezat dengan sumber protein hewani di dalamnya. Telur, yang cocok sebagai menu sarapan pagi, mudah untuk didapatkan serta protein dan lemaknya dapat membuat perut si kecil kenyang lebih lama. Sebagai sayuran pendamping, Ibu dapat meletakkan selada dan tomat di dalamnya. Ayo lengkapi gizi si kecil dengan nutrisi berlimpah dari gandum, telur, selada, dan tomat pada resep egg benedict di sini.

  1. Cheese Pumpkin Bites

Si kecil kurang menyukai sajian sarapan yang tergolong menu berat? Sajikan saja menu snack yang satu ini. Buah labu yang kaya dengan potasium, antioksidan, dan vitamin berpadu dengan keju yang penuh dengan kandungan kalsium dalam cheese pumpkin bites. Sajikan menu ini dengan madu supaya tampilannya menjadi semakin menarik perhatian si kecil. Jangan lupa untuk menggunakan buah labu yang telah matang untuk resep ini. Ayo buat kreasi dari labu dengan membaca resep cheese pumpkin bites di sini, ya.