Ini Dia 4 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Bebek Betutu Semakin Lezat

38a319fe613eb92782a857f784729c9db0378fd3.jpeg

Menu bebek memang merupakan olahan yang sudah melegenda. Cita rasanya yang khas mampu membius siapa saja yang mencicipinya. Masakan bebek betutu sudah cukup terkenal dan diminati. Meskipun hidangan yang berasal dari daging bebek belum setenar dengan masakan berbahan dasar ayam.

Jika ibu ingin mencoba kreasi bebek betutu, maka perlu memperhatikan beberapa hal. Terlebih jika Ibu belum terbiasa mengolah hidangan yang berasal dari bahan dasar bebek. Berikut beberapa hal yang dapat membantu Ibu untuk mendapatkan kreasi masakan bebek betutu dengan cita rasa yang semakin nikmat.

  1. Pemilihan daging

Sebaiknya, ibu memilih bebek yang masih muda untuk dimasak. Hal ini agar daging tidak keras ketika dikonsumsi. Selain itu, pilih juga daging yang masih segar. Caranya dengan memilih kulit bebek yang memiliki warna putih.

Ibu juga harus menghindari memilih daging bebek dengan dada yang tak berisi. Janganlah memilih kulit atau daging bebek dengan warna kebiruan ataupun kehijauan. Sebisa mungkin, pilih bebek dengan kaki lunak yang dapat dengan mudah dilipat. Setelah itu, masukkan daging bebek yang tidak digunakan ke dalam freezer.

  1. Pengolahan daging bebek

Agar daging bebek tak berbau amis, maka Ibu harus mencuci daging hingga bersih. Ibu juga dapat merebus daging bebek dengan kunyit ataupun jahe agar bau amisnya hilang. Apabila Ibu mendapatkan daging bebek yang tua, sebaiknya diolah dengan cara direbus atau dikukus.

  1. Agar bebek lezat dan sehat

Sebaiknya buang kulit bebek sebelum diolah. Akan lebih baik jika mengolah bebek tanpa kulitnya agar kandungan lemaknya tidak semakin tinggi. Selain itu, Ibu diperkenankan untuk memasak daging bebek hingga seluruh bagiannya matang guna menghindari penyakit yang mungkin terdapat pada daging bebek.

  1. Bumbu rahasia bebek betutu

Untuk membuat menu yang berakhir sedap dan dengan daging yang tidak alot, maka Ibu dapat manfaatkan perasan air jeruk nipis untuk melumuri seluruh daging bebek.Tunggu hingga meresap ke dalam daging.

Ibu juga harus menyiapkan beberapa bahan lain seperti sereh, daun jeruk, daun salam, jahe, serta lengkuas. Memarkan lengkuas dan sereh, lalu rebus daging menggunakan bahan-bahan tersebut.Hal ini bertujuan agar bau amis pada daging hilang dan membuat daging bebek lebih lezat.

Jika Ibu merebus menggunakan panci biasa maka memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk mematangkan daging bebek. Sementara menggunakan panci presto akan lebih cepat.