4 Kegiatan Bersama Anak untuk Rayakan Pesta Tahun Baru

c99790a79266877c2874bba9064927a515d4fead.jpeg

 

Setelah aktif belajar di sekolah selama 5 bulan, kini si kecil telah memasuki masa liburan. Bahkan dalam hitungan hari, mereka akan bersenang-senang menyambut Tahun Baru. 

 

Selama ini, mungkin Ibu atau Ayah berpikir bila kegembiraan Tahun Baru hanya milik orang dewasa. Sebab pergantian tahun itu erat kaitannya dengan acara begadang, menghitung menit-menit pergeseran jarum jam melewati pukul 00.00. 

 

Tapi sesungguhnya, di momen liburan tahun baru ini pula Ibu dan Ayah bisa mengajak anak bermain sambil belajar dengan gembira. Seperti yang dikutip dari situs Play Dough to Plato, setidaknya ada empat kegiatan yang bisa dilakukan bersama buah hati kala merayakan Tahun Baru, sehingga ia bisa belajar sesuatu yang baru. Bahkan pengalaman itu bisa menjadi cerita liburan tersendiri bagi buah hati. Yuk Bu, kita lihat apa saja tips mengisi liburan itu: 

 

1. Belajar menghafal angka 

Tahun Baru identik dengan angka, misalnya saja perubahan tanggal atau perhitungan mundur jarum jam. Nah, di sini, Ibu bisa mengajarkan buah hati belajar menghapal angka. Misalnya saja dengan mengajak dia membuat kalender tahun baru. Dengan bentuk lucu dan aneka warna, secara tidak langsung si kecil akan menghapalkan angka yang dituliskannya di lembar kalender. 

 

Baca Juga : 5 Tempat Pilihan untuk Menikmati Pesta Kembang Api 

 

2. Belajar perbedaan waktu 

Di Indonesia, ada tiga perbedaan waktu, yakni Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT) yang dialami penduduk Papua dan Sulawesi; Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA), terjadi di Kalimantan dan Bali; serta Waktu Indonesia Bagian Barat, di Jawa dan Sumatera. Untuk mereka yang mengalami WIT dan WITA, akan lebih dulu merayakan Tahun Baru dari pada penduduk di wilayah WIB. Dari sini, Ayah dan Ibu bisa mengenalkan anak tentang adanya perbedaan waktu. 

 

3. Belajar berhati-hati sambil bermain kembang api 

Tahun Baru tanpa kembang api bisa jadi berasa hambar, terutama bagi si kecil. Percikan api, warna-warni yang meluncur, dan suara ledakan pastinya membuat ia merasa senang serta bergembira. Lewat kembang api pula, Ayah bisa mengajarkan kehati-hatian kepadanya. Mulai cara menyalakan kembang api, memainkannya dengan aman, sampai membuangnya di tempat yang tidak mudah terinjak kaki. 

 

Baca Juga : Inspirasi Dekorasi Pesta Ulang Tahun Anak 

 

4. Belajar membuat jam 

Sebelum momen menghitung mundur jarum jam, Ibu bisa mengajak buah hati untuk berkreasi. Caranya dengan membuat jam sendiri. Bahan yang diperlukan tak perlu yang sulit dicari. 

 

Bahan-Bahan Dasar: 

1. Lem 

2. Cutter dan Gunting 

3. Pensil 

 

Bahan-Bahan Utama: 

1. Kertas mengkilat 

2. Kardus bekas 

3. Korang bekas 

4. Paper clip 

5. Kertas krep 

 

Cara: 

Pertama-tama, gambar lingkaran seukuran jam dinding di atas kardus bekas. Lalu potong berdasarkan garis lingkaran itu. Setelahnya, lapisi karton dengan kertas mengkilat. Setelah itu mulailah menuliskan angka, dimulai dari angka 1 sampai 12 di atas kertas warna-warni, dan tempelkan angka-angka itu di atas lingkaran jam. 

 

Langkah berikutnya, gambar bentuk jarum jam pendek dan jarum jam panjang, juga di atas kardus bekas, lalu gunting. Supaya bentuknya menjadi lebih indah, Ibu bisa melapisinya dengan kertas krep. Nah, agar jarum jam bisa menempel dan berputar, Ibu bisa membimbing anak untuk membengkokkan dan memasangkan paper klip sebagai poros jam. Tadaaaa....si kecil pun siap memutar jarum jam sesuai dengan perhitungan mundur menyambut Tahun Baru.