5fb4914ac0df8c54b459772d3dfed5e00474690f.jpeg

Segelas jus lemon yang menyegarkan kian istimewa saat disajikan di siang hari. Apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin, sudah barang tentu menjadi pengobat dahaga di tenggorokan. Buah lemon memang cukup banyak dimanfaatkan untuk berbagia kebutuhan. Mulai dari penyempurna masakan hingga bahan minuman yang senantiasa menyegarkan. Terlepas dari rasanya, buah lemon ternyata menyimpan manfaat segudang. Salah satunya dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar.

Uraian lebih lengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Pelancar pencernaan
Buah lemon memiliki sifat diuretik dan laksatif. Sifat ini membuat orang yang meminum segelas jus buah lemon tidak mudah mengalami gangguan pencernaan. Laporan tim peneliti dari Purdue University menyatakan sifat diuretik pada lemon akan melancarkan proses buang air besar. Sebaliknya, sifat laksatif atau pencahar membantu meringankan gejala sembelit yang tiba-tiba terjadi. Di samping itu, lemon dapat membantu meningkatkan produksi enzim pencernaan yang ada dalam tubuh. Hal ini tentu akan baik bagi si kecil dan keluarga agar tidak mudah mengalami kembung.

Menjaga berat badan
Selain memiliki rasa yang menyegarkan, lemon juga mengandung vitamin C yang baik untuk menurunkan berat badan. Hasil penelitian yang dilansir dalam Journal of the American College of Nutrition menyebutkan vitamin C yang ada dalam lemon dapat membantu memecah lemak dalam  tubuh. Lewat serangkaian reaksi kimiawi dalam tubuh, lemak tersebut akan diproses menjadi energi yang dapat digunakan untuk menyokong aktivitas sepanjang hari.

Melancarkan metabolisme
Hal senada juga dikemukakan penelitian yang dilansir dalam Journal of Biochemical Nutrition yang menemukan adanya senyawa polifenol yang dapat membantu penurunan berat badan. Zat ini dapat membantu penurunan jumlah lemak yang ada dalam darah, gula darah hingga produksi insulin dalam tubuh. Demikian juga dengan flavonoid yang ada di dalamnya dapat mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida yang ada dalam hati.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Vitamin C, polifenol dan flavonoid dalam lemon sejatinya memainkan fungsinya sebagai antioksidan. Zat ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hasilnya, tubuh menjadi lebih sehat dan bugar setiap saat. Anda dan keluarga pun menjadi tidak mudah terserang beragam penyakit. Menurut Dr. Susan Brown dari BetterBones.com selain dibuat jus, manfaat kesehatan dari lemon juga dapat dinikmati dalam bentuk seduhan.

Tertarik untuk mencobanya?

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini