Begini Cara Menyajikan Sayuran Mentah

1564b4b7f6aad2d7091671977d5c8ba447b1e9bb.jpeg

Sebagai salah satu sumber vitamin yang utama, sayuran memang menjadi sumber makanan yang tak boleh ditinggalkan dalam menu makanan harian. Terlebih, jika Anda ingin menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi sayuran begitu penting untuk diprioritaskan. Dalam perkembangannya, sayuran ternyata tidak selamanya dihidangkan dalam bentuk olahan atau masakan. Tren gaya hidup sehat yang semakin berkembang menuntun penyajian sayuran yang lebih beragam.

Kini, Anda pun bisa menikmati beberapa sayuran segar tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Banyak keunggulan yang bisa didapatkan, di antaranya Anda dapat memanfaatkan vitamin dan mineral dari sayuran secara lebih maksimal. Sebab, risiko hilang atau rusaknya vitamin dan mineral akibat memasak yang terlalu lama dapat diminimalkan. Biar sayuran mentah yang Anda konsumsi tetap menyehatkan, perhatikan tips dari Budi Utomo, S.Pd., salah satu kontributor Nestle berikut ini.

Mencuci sampai bersih

Selain menyehatkan dari sisi kandungan zat gizi, sayuran mentah juga memiliki risiko yang dapat menyebabkan diare. Hal ini disebabkan adanya bakteri yang menempel dalam sayuran. Maka dari itu, cucilah dengan di bawah air yang mengalir sampai bersih, supaya bakteri dan kotoran lain pada sayuran benar-benar dapat dihilangkan.

Mencuci dengan air hangat

Jika Anda ingin mengonsumsi sayuran segar yang lebih higienis, cucilah sayuran dengan air hangat. Lakukan pencucian sejenak. Kemuian, bilas dengan air hangat yang baru lagi. Langkah ini dilakukan untuk membunuh telur serangga atau bakteri berbahaya yang mungkin tak bisa mati hanya dengan mencuci sayuran dengan air dingin atau biasa.

Hindari sayuran tertentu

Perlu diingat bahwa tak semua sayuran dapat dimakan mentah. Jauhi memakan bayam, kacang tanah, asparagus dan kedelai. Sebab, dalam bentuk mentah makanan ini mengandung racun saponin yang berbahaya saat tertelan. Demikian juga dengan lobak dan bunga kol yang mengandung gaitrogen, solanin dalam kentang serta asam sianida pada daun singkong. Sebaiknya, sayuran ini dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan, agar tetap aman bagi tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan.

Sudah paham kan cara menikmati sayuran mentah yang benar? Jadi, langsung diaplikasikan ya.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini