Beda Sate Beda Juga Bumbunya, Inilah Bumbu Sate Khas Nusantara

d2054edde3e48b058d44fa91b86935120b28772f.jpeg

Salah satu makanan populer khas Indonesia adalah sate. Banyak negara lain yang mengklaim sate adalah makanan khas mereka, namun bangsa Indonesia meyakini bahwa sate adalah makanan nasional negara ini yang dibawa oleh pedagang dari Arab di masa lampau. Terbukti di penjuru Indonesia banyak variasi sate, tergantung kreasi daerah masing-masing. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Sate Madura

Sate Madura menggunakan daging ayam atau kambing, dengan bumbu sate kecap manis dan gula jawa yang dicampur bawang putih, bawang goreng, dan kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan, lalu dilengkapi dengan petis, kemiri dan garam. Untuk sate madura yang menggunakan daging ayam biasanya dihidangkan dengan bumbu kacang, sementara sate kambing dihidangkan dengan kecap manis ditambah irisan bawang merah. Ciri khas lain dari sate madura adalah menggunakan irisan daging yang lebih kecil dari sate-sate lainnya. Sate madura biasanya disantap dengan nasi putih, lontong, atau ketupat, kadang juga ditambahi acar irisan bawang, mentimun dan cabai rawit.

  • Sate Padang

Yang khas dari sate padang asal Sumatra Barat adalah bumbu sate yang digunakannya, yaitu saus kuah kuning yang terbuat dari tepung beras yang dicampur kaldu daging dan jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jintan putih, bubuk kari, dan garam. Sedangkan daging yang digunakan adalah keroan sapi atau kambing yang direbus dengan bumbu lalu dipanggang.

  • Sate Ponorogo

Sate dari Kota Ponorogo, Jawa Timur ini terbuat dari potongan daging ayam yang direndam dalam bumbu kecap, disajikan dengan bumbu kacang dan sambal dengan irisan bawang merah dan cabai rawit serta jeruk nipis. Daging ayam ini kemudian dipanggang dengan panggangan tanah liat, kemudian dihidangkan dengan lontong.

  • Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan sate khas sunda yang biasanya ditemukan di Jawa Barat. Bumbu sate Maranggi dibuat dari pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Bunga kecombrang memberikan aroma dan rasa yang seperti mentol di bumbu sate tersebut. Sate ini kemudian dihidangkan dengan ketan atau nasi putih.

  • Sate Ambal

Berasal dari Ambal, Kebumen, Jawa Timur, sate ini menggunakan daging ayam kampung, Yang membuatnya berbeda dari sate-sate lain adalah bumbu sate yang terbuat bukan dari bumbu kacang, melainkan tempe tumbuk yang dicampur cabai dan aneka bumbu lainnya. Daging ayam dibaluri dan direndam dalam bumbu tersebut selama dua jam agar meresap, kemudian disantap dengan ketupat.

  • Sate Lilit

Bali pun punya variasi sate sendiri. Sate lilit Bali terbuat dari daging cincang berbahan daging sapi, ayam, ikan, babi atau kura-kura. Daging cincang ini dicampur kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah dan merica. Adonan tersebut kemudian dibungkus melilit tusukan bambu, batang tebu atau batang serai, lalu dipanggang di atas bata arang.