Mengenal Jenis-Jenis Kurma, Buah Kecil Khas Bulan Suci Ramadhan

559f632452ddeaf696c5345b6eeffa4e98c667e6.jpeg

Saat Ramadhan tiba, kurma menjadi buah yang paling banyak dicari. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan manfaat kurma yang berlimpah, seperti mengandung  vitamin, mineral,serat, dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh.

Manfaat kurma lainnya yang dapat diperoleh adalah kandungan serat di dalamnya akan membantu Ibu dan keluarga dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Nah, bagi Ibu yang ingin menyajikan kurma sebagai menu buka puasa, kenali dulu yuk jenis-jenis kurma berikut!

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa atau biasa juga disebut kurma Nabi merupakan jenis favorit ketika musim haji tiba. Sama seperti kurma lainnya, kurma jenis ini memiliki rasa manis legit. Hanya saja, warnanya sedikit hitam dibandingkan jenis lainnya.

Kurma Khidri

Jenis kurma yang satu ini umum digunakan sebagai bahan dasar olahan kurma. Manfaat kurma khidri ini yaitu  dapat dijadikan campuran untuk bahan makanan lainnya, misalnya isian coklat, almond, dan lain-lain. Mengapa? Karena jenis kurma ini rasanya tidak begitu manis sehingga dapat dicampur  dengan aneka bahan lain. Tekstur kurma khidri kering, kenyal, dan juga berwarna merah tua.

Kurma Sekkeri

Kurma jenis ini memiliki daging yang lembut. Untuk bentuknya, kurma sekkeri ini cenderung berbentuk bulat.  Bagi Ibu yang penasaran dengan rasa kurma jenis ini, siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam karena harganya yang sedikit lebih mahal daripada kurma jenis lainnya.

Kurma Deglet Noor

Tidak hanya berwarna coklat,kurma juga ada yang berwarna kuning keemasan. Kurma jenis deglet noor adalah kurma berwarna kuning keemasan yang juga termasuk varietas unggul. Jenis ini juga sangat terkenal di negara selain Timur Tengah, seperti Amerika dan beberapa negara di Afrika. Kurma ini juga cocok dikonsumsi Ibu yang tidak begitu suka rasa manis karena rasanya yang tidak terlalu manis.

Nah ibu, itulah tadi macam-macam kurma yang bisa menjadi teman spesial selama Ramadhan. Jadi, mana nih yang menjadi pilihan Ibu?

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini