Mengenal Cara Membuat Coklat Praline

ade8911847a57324b2d9aff62877d7186bd1fbb4.jpeg

Apakah Ibu pernah mendengar istilah ‘coklat praline’? Coklat praline adalah permen coklat yang di dalamnya diberi bahan isian, seperti kacang-kacangan, buah kering, coklat caramel, krim, serta selai. Cetakan untuk membuat praline sebaiknya berbentuk cekung agar terdapat ruang untuk isian tersebut.

Jenis coklat ini berasal dari Prancis, meskipun akhirnya Amerika Serikat serta Belgia juga menemukan cara membuat coklat praline. Di negara asalnya, almond dan gula karamel digiling hingga berubah tekstur menjadi bubuk kemudian dimasukkan ke dalam coklat. Belgia juga membuat jenis praline yang hampir serupa dengan Prancis. Di Belgia juga praline dapat diisi oleh buah ceri atau marzipan. Berbeda dengan dua negara lainnya, di Amerika Serikat, praline disajikan serupa dengan kue yang bertekstur kenyal. Ciri khas praline Amerika adalah adanya krim atau almond sebagai isian jenis coklat tersebut.

Untuk membuatnya di rumah, Ibu dapat memilih kacang-kacangan, karamel, krim atau selai sebagai isinya. Jika Ibu menginginkan praline dengan isian kacang-kacangan atau karamel, Ibu dapat melelehkan bahan coklat, tuangkan lelehan coklat tersebut dengan ukuran sepertiga cetakan, setelah teksturnya agak padat, letakkan isi yang diinginkan, dan kemudian tutup dengan lelehan coklat hingga cetakannya penuh. Setelah penuh, simpan di dalam kulkas selama 15-20 menit hingga mengeras. Cara membuat coklat ini diakhiri dengan mengeluarkan coklat dari cetakan dengan cara membalikkan cetakan.

Cara membuat coklat praline juga dapat dilakukan dengan mengganti isinya menjadi selai atau krim. Untuk membuatnya, lelehkan bahan coklat dengan ukuran sepertiga cetakan, poles sisi cetakan dengan coklat hinga membentuk cekungan dan bekukan di dalam lemari pendingin. Setelah beku, masukkan bahan isi dan tutup cetakan kembali dengan cetakan. Simpan kembali praline di dalam lemari pendingin selama 15-20 menit hingga padat. Sajikan coklat dengan mengeluarkannya dengan cara membalikkan cetakan.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini