65449482ab09a33d556b6a71d3a40ca09e3c9e8b.jpeg

Bukan hanya itu, komitmen Nestlé untuk menjadi perusahaan terdepan di bidang produk makanan dan minuman juga diimbangi dengan upaya perusahaan dalam mengatasi masalah lingkungan maupun sosial. Nestlé mencari peluang yang pas untuk menghubungkan semua kegiatan usahanya agar dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Konsep ini selanjutnya disebut oleh Nestlé sebagai ‘Menciptakan Manfaat Bersama’ atau Creating Shared Value (CSV).

Salah satu contoh sukses penerapan CSV bisa diketahui dari kerja sama Nestlé dengan 33 ribu peternak sapi perah yang ada di Kejayan, Jawa Timur. Daerah yang berada di Kabupaten Pasuruan ini merupakan pemasok utama bahan baku produksi susu Nestlé Indonesia. Lewat program CSV, Nestlé memberikan bantuan teknis dan finansial kepada para peternak sapi perah agar mereka bisa meningkatkan kualitas susunya. Pada akhirnya, konsep yang digagas Nestlé ini bisa membantu meningkatkan penghasilan para peternak dan kesejateraan keluarga mereka.

 

Infographic Dairy

 

Lebih lanjut, konsep CSV akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan. Para pelaku usaha banyak menyoroti keberhasilan CSV, hingga akhirnya bisa mengantarkan Nestlé Indonesia meraih Sustainable Business Award (SBA) untuk yang ketiga kalinya. Hal ini membuat Presiden Direktur Nestlé Indonesia, Rashid Qureshi, menyampaikan harapan besar agar perolehan SBA bisa menjadi bukti bahwa lingkungan, masyarakat, ekonomi, dan kinerja bisnis yang sehat bisa memperkuat satu sama lain dalam jangka panjang.

Penghargaan SBA sendiri diberikan kepada perusahaan yang dinilai mampu menjadi pelopor dalam praktik bisnis berkelanjutan serta sukses menggabungkannya dalam strategi jangka panjang pada bisnis yang dijalankan. Lewat penghargaan yang diterima Nestlé Indonesia ini pula, Rashid menyampaikan agar para pebisnis lain dapat memahami jika pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta peraihan keuntungan perusahaan dapat dijalankan secara bersama-sama.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini