4 Solusi Praktis untuk Menyiapkan Sarapan Pagi Anak

SEPT-OKT(1)-OK---4-Solusi-Praktis-untuk-Menyiapkan-Sarapan-Pagi-Anak_0.jpg

Ibu tentu tahu, sarapan pagi merupakan bagian penting dalam pemenuhan gizi harian anak dan juga sebagai sumber energi bagi anak untuk memulai harinya. Baik saat bersekolah tatap muka maupun bersekolah dari rumah, asupan makanan anak saat sarapan pagi tetap harus diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian dan dukung aktivitasnya seharian termasuk saat belajar. Oleh karena itu, penting sekali untuk membiasakan anak-anak mendapatkan sarapan pagi yang bergizi seimbang setiap hari.

Ibu juga tentu tahu, bahwa di tengah berbagai aktivitas keluarga di pagi hari, menyiapkan sarapan pagi sehat bagi anak tidak selalu mudah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Ibu coba terapkan sebagai solusi praktis dalam menyiapkan sarapan pagi anak. Baca, yuk!

  • Bagaimana jika hanya memiliki sedikit waktu di pagi hari untuk menyiapkan sarapan?

    Ibu bisa menyiasatinya dengan merencanakan menu sarapan sebelumnya, sehingga Ibu sudah mengetahui bahan atau perangkat apa saja yang Ibu butuhkan. Sebagian persiapan bisa Ibu lakukan di malam hari atau hari sebelumnya sehingga dapat menghemat waktu Ibu di pagi hari. Ibu bahkan bisa menyiapkan terlebih dahulu beberapa menu yang bisa dengan mudah dihangatkan sebelum disantap sebagai sarapan.

  • Bagaimana jika anak menolak makan atau tidak lapar di pagi hari?

    Memang terkadang sulit bagi Ibu, karena Ibu tentu tidak ingin memaksa anak, tetapi di saat yang sama Ibu tahu bahwa anak membutuhkan asupan gizi yang baik di pagi hari. Salah satu tips yang dapat Ibu coba adalah menjadikan makan sarapan bersama di meja makan sebagai salah satu kebiasaan baik dalam keluarga. Walaupun anak berkata ia tidak lapar, tetap minta ia duduk bersama anggota keluarga lainnya di meja makan karena melihat yang lain menyantap sarapan dapat menggugah selera anak untuk ikut makan. Biasakan pula supaya anak tidak makan banyak camilan di malam hari sebelum tidur yang dapat mengganggu selera makannya di pagi hari.

  • Bagaimana jika anak bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja?

    Memang umumnya kita menyantap menu sarapan yang berulang. Roti, sereal sarapan, telur, nasi, dan semacamnya. Agar tidak bosan, Ibu dapat menyiasatinya dengan mengolah makanan-makanan yang kerap disantap saat sarapan dengan menambahkan berbagai bahan lain sehingga menjadimenu baru yang berbeda. Misalnya menambahkan potongan buah dan yogurt pada sereal sarapan, atau mengolah sereal menjadi berbagai menu lezat dan sehat. Jika ingin menyajikan telur pun Ibu dapat mencoba mengolahnya dengan berbagai macam resep. Yuk intip berbagai resep dari Sahabat Nestle untuk ide baru menu sarapan.

  • Bagaimana memastikan menu sarapan anak tak mengandung terlalu banyak gula?

    Perhatikan dengan baik bahan-bahan yang Ibu pilih dalam menu sarapan pagi, selain gandungan gizinya tentu juga kandungan gulanya. Jika anak menyukai menu sarapan yang manis, Ibu juga dapat menggunakan buah sebagai penambah rasa manis yang lebih bergizi.

Menu sarapan pagi yang bervariasi selain dapat mencegah rasa bosan juga dapat membantu Ibu memberikan berbagai bahan pangan yang beragam dengan gizi seimbang. Yuk, intip kumpulan resep sarapan pagi sehat dan lezat di Sahabat Nestle. Di sana Ibu juga bisa mencari resep untuk menu bekal dan camilan anak, lho.

Sumber:

https://www.parents.com/recipes/scoop-on-food/5-ways-to-cut-sugar-from-your-kids-breakfast/

https://www.healthyfamiliesbc.ca/home/articles/get-your-child-eat-breakfast-children

https://www.parents.com/recipes/scoop-on-food/3-kids-breakfast-pitfalls-and-how-to-avoid-them/

https://www.parents.com/recipes/scoop-on-food/6-kids-breakfast-challenges-and-how-to-solve-them/