Dapatkan Manfaat Kalsium untuk Tulang Melalui 4 Bahan Makanan Ini

Dapatkan-Manfaat-Kalsium-untuk-Tulang-Melalui-4-Bahan-Makanan-Ini.jpg

Kalsium adalah jenis mineral makro, yaitu dibutuhkan di dalam tubuh dalam jumlah cukup besar untuk dapat menjaga kesehatan tubuh. Di masa pertumbuhan khususnya pada anak-anak dan remaja. Manfaat kalsium yang utama adalah untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi juga menjaganya agar tetap kuat.

Apa saja manfaat kalsium untuk tulang? Nah, 99% dari kalsium yang ada di tubuh disimpan di dalam tulang untuk dapat digunakan oleh tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan anak mendapatkan asupan kalsium yang cukup sejak dini, untuk memastikan pembentukan tulang dan gigi terjadi dengan baik yang menjadi tanda bahwa pertumbuhannya tercapai dengan optimal. Agar anak mendapatkan manfaat kalsium, tentu ia perlu mendapat asupan kalsium yang cukup jumlahnya dan sesuai dengan usianya.

Ibu tentu sudah mengetahui bahwa susu dan produk olahan susu merupakan bahan pangan sumber kalsium. Tetapi, kalsium juga bisa didapat dari berbagai jenis bahan pangan lainnya seperti sayuran berwarna hijau seperti bayam dan brokoli, ikan seperti ikan kembung, sardin, salmon, dan ikan yang dimakan bersama tulangnya seperti teri, bahan pangan golongan kacang-kacangan seperti kacang kedelai (dan olahannya seperti tahu, tempe, susu kedelai), kacang hijau, edamame, dan lain-lainnya.

Supaya anak makin semangat menyantap menu kaya kalsium, Ibu bisa mencoba berbagai resep lezat bergizi yang menggunakan bahan-bahan pangan sumber kalsium. Berikut ini adalah 4 contoh bahan pangan sumber kalsium dan ide resep untuk mengolahnya, yuk coba, Bu!

 

1.Susu dan produk olahannya

Ada banyak sekali resep yang menggunakan bahan dasar susu, baik itu yang berupa menu camilan, minuman, hidangan pencuci mulut, maupun makanan utama. Ibu dapat mencoba resep Mix Berry Smoothies yang menggunakan susu DANCOW FortiGro Full Cream dan yogurt. Untuk makanan, Ibu dapat mencoba resep Pancake Strawberry Keju yang menggunakan DANCOW FortiGro Full Cream ditambah keju.

 

2. Ikan Salmon

Ada banyak ikan yang merupakan sumber kalsium dan dapat diolah menjadi menu makanan untuk anak, salah satunya ikan salmon. Ikan salmon bisa Ibu olah menjadi berbagai resep seperti Bubur Ikan Salmon, Salmon Burger , dan Pie Kentang Salmon yang enak dan lezat sehingga pasti disukai oleh anak.

 

3. Tempe

Tempe adalah pangan sumber kalsium yang bergizi dan mudah ditemui oleh Ibu. Tempe juga bisa diolah menjadi berbagai menu kesukaan anak, lho Bu. Ibu dapat membuat Kering Tempe Corn Flakes yang menggunakan butiran sereal Corn Flakes yang renyah dan bergizi, ditambah ikan teri sebagai penambah rasa yang juga bahan pangan sumber kalsium. Resep lain yang juga akan disukai anak adalah Hot Dog Tempe, yang menggunakan tempe sebagai ganti sosis untuk mengisi rotinya Penasaran? Coba buat resep ini bersama anak di rumah, yuk!

 

4. Tahu

Tahu atau tofu, juga bahan pangan yang harganya terjangkau, mudah ditemui, serta kaya zat gizi, termasuk sumber kalsium. Yuk, coba mengolah tahu menjadi berbagai resep sehat yang disukai oleh anak seperti Mini Tahu Telur, Chicken Tofu Nugget, dan Roll Tofu Paprika. Selain resep-resep tersebut, Ibu juga bisa melihat ide resep lainnya di situs Sahabat Nestle, ya. Ada banyak pilihan resep lezat bergizi sehingga Ibu tak akan kehabisan ide untuk dukung anak lebih sehat.

 

Selain itu, agar anak mendapat manfaat kalsium untuk tulang secara optimal, pastikan mereka juga mendapat asupan Vitamin D yang cukup dan aktif bergerak ya Bu. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik dan kebiasaan pola hidup aktif dapat memperkuat tulang yang dapat mendukung proses tumbuh kembang anak.

 

 

Sumber:

http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-gangguan-metabolik/konsumsi-kalsium-untuk-mencapai-kepadatan-tulang-yang-optimal

http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-gangguan-metabolik/page/2/tips-pembentukan-tulang-kuat-pada-anak-anak

https://www.bones.nih.gov/health-info/bone/bone-health/nutrition/calcium-and-vitamin-d-important-every-age

https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition-pictures/calcium-rich-foods-for-kids.aspx

https://healthy-kids.com.au/food-nutrition/nutrients-in-food/calcium/

https://kidshealth.org/en/parents/strong-bones.html

http://conditions.health.qld.gov.au/HealthCondition/condition/8/78/233/calcium-for-children

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/calcium/