5 Tips Menu Sehat Anak untuk Dapatkan Manfaat Protein

5-Tips-Menu-Sehat-Anak-untuk-Dapatkan-Manfaat-Protein.jpg

Ibu tentu tahu, agar anak selalu sehat dan tumbuh kembangnya berjalan optimal, ia membutuhkan asupan gizi seimbang setiap harinya. Nah, di dalam menu makanan bergizi seimbang ada berbagai jenis zat gizi yang memiliki peran penting dalam kesehatan dan tumbuh kembang anak, salah satunya adalah protein. Apa saja sih manfaat protein bagi tubuh anak? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini, ya.

 

Apa itu protein?

Protein adalah jenis zat gizi makro yang ditemukan di tubuh kita sebagai bagian dari otot, tulang, kulit, dan hampir seluruh jaringan tubuh. Protein terbentuk dari asam amino yang membentuk rantai panjang yang berasal secara alami dari dalam tubuh maupun dari asupan makanan.

 

Apa peran dan manfaat protein bagi tubuh?

  • Protein berfungsi dalam pertumbuhan sel-sel tubuh.

  • Protein membentuk enzim yang mendorong reaksi biokimia yang berfungsi dalam sistem pencernaan, produksi energi, pembekuan darah, dan kontraksi otot.

  • Protein membantu membangun, menjaga, serta memperbaiki jaringan tubuh dan juga sebagai komponen zat gizi penting dalam pembentukan otot, rambut, dan kuku.

  • Protein berperan penting pada metabolisme tubuh salah satunya dalam pembentukan hormon.

  • Protein juga membantu menjaga kekuatan sistem imunitas dengan membantu tubuh dalam proses regenerasi sel-sel tubuh saat melawan bakteri dan virus.

  • Protein membantu produksi hemoglobin yang merupakan bagian penting untuk membawa oksigen dan zat gizi ke seluruh bagian tubuh.

  • Protein juga dapat menjadi cadangan energi ketika tubuh kekurangan karbohidrat.

 

Ternyata banyak sekali manfaat protein bagi tubuh ya, Bu. Oleh karena itu, selalu pastikan anak mendapat asupan protein sesuai kebutuhannya setiap hari. Yuk simak beberapa tips untuk menyiapkan menu sehat agar anak bisa mendapatkan manfaat protein.

 

  1. Pilih sumber protein yang baik bagi anak Protein bisa didapat dari berbagai jenis sumber makanan kok, Bu. Jadi Ibu memiliki banyak pilihan sumber protein yang bisa diolah menjadi berbagai menu sehat. Untuk sumber protein hewani, contohnya adalah susu dan produk olahan susu, telur, daging ayam dan sapi rendah lemak, ikan, dan lain-lain. Selain itu juga ada sumber protein nabati seperti kedelai dan produk olahannya (tahu dan tempe), selai kacang, serta berbagai jenis kacang-kacangan lainnya.

  2. Siapkan menu sarapan kaya protein Masukkan bahan makanan sumber protein di setiap waktu makan, mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam, sebagai bagian dari pemenuhan gizi seimbang. Untuk inspirasi menu sarapan kaya protein yang lezat, Ibu bisa melihat berbagai ide sarapan sehat di situs Sahabat Nestle, lho.

  3. Sertakan protein dalam menu camilan sehat anak Nah, camilan sehat juga bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak, termasuk kebutuhan protein. Siapkan menu camilan yang mengandung bahan makanan sumber protein seperti puding susu, pancake (menggunakan bahan dasar susu dan telur), maupun minuman seperti milkshake, yogurt, dan susu siap minum.

  4. Olah bahan pangan sumber protein menjadi menu makanan yang disukai anak.

 

Bahan pangan sumber protein dapat diolah menjadi berbagai menu makanan. Jangan khawatir ya Bu, karena protein bukan jenis zat gizi yang mudah larut atau hilang melalui proses memasak dan bahan pangan sumber protein harus dimasak dengan baik agar dapat dicerna dengan baik dan tubuh mendapatkan manfaat protein. Gunakan cara yang menarik untuk memperkenalkan manfaat protein pada anak dengan melibatkan anak dalam menyiapkan menu makan dan arahkan untuk memilih bahan pangan yang sehat. Ingat untuk selalu menggunakan bahan pangan yang bervariasi untuk menu makanan yang memenuhi gizi seimbang anak ya Ibu.

 

Sumber:

https://parenting.firstcry.com/articles/protein-for-kids/

https://www.verywellfamily.com/protein-rich-foods-2633936

https://health.kompas.com/read/2021/05/26/120300868/9-fungsi-protein-dalam-tubuh?page=all

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/protein/

https://www.childrens.com/health-wellness/best-sources-of-protein-for-kids

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/kids-healthy-eating-plate/ Cooking-Induced

Protein Modifications in Meat. Tzer-Yang Yu et.al. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety. 2016.