Waspada Gula Darah Naik Akibat Pisang

59ae6bb2783fe492844283582d97b057be800b9d.jpeg

Lembut di lidah dan begitu lunak saat dikunyah, mungkin deskripsi sederhana sangat cocok untuk menggambarkan tekstur pisang saat dimakan. Hampir sebagian besar orang mengenal buah ini. Rasanya yang enak dan kandungan karbohidratnya yang tinggi sering menjadikan buah ini sebagai asupan sehat sebelum maupun sesudah olahraga. Dengan kandungan nutrisi yang begitu melimpah, buah pisang mampu menyumbang stamina yang prima bagi setiap detik aktivitas Anda.

Sayangnya, karbohidrat yang tinggi dalam buah ini menominasikannya ke dalam buah yang dapat menyumbang kenaikan gula darah dalam tubuh. Menurut American Diabetes Association, pisang merupakan sumber tepung sayur yang sangat melimpah, khususnya pisang hijau. Sebuah pisang hijau dapat menyumbangkan karbohidrat hingga 24 gram. Ini jika disajikan dalam bentuk buah alami atau tidak melalui proses pemasakan.

Sedangkan bila Anda mengolahnya menjadi hidangan olahan, seperti pisang goreng, dapat menyumbangkan karbohidrat hingga 29 gram. Dari jumlah tersebut, 7 gram di antaranya disumbangkan oleh lemak. Sementara orang yang mengalami diabetes biasanya memakan karbohidrat antara 45 hingga 75 gram per sajian. Demikian yang disampaikan Jessica Bruso, praktisi kesehatan Amerika dalam lansirannya di SFGate.

Maka dari itu, Anda perlu menyesuaikannya dengan indeks glikemik dari buah pisang. Adapun indeks glikemik ini sendiri merupakan ukuran yang menentukan pengaruh sebuah makanan dengan kenaikan kadar gula dalam darah usai memakannya. Jika kadarnya di bawah 55, maka dapat dikatakan indeks glikemiknya rendah. Sebaliknya, jika kadarnya di atas 75, maka indeks glikemiknya tinggi. Pisang hijau memiliki kadar glikemik sebesar 40.

Yang menjadi masalah sekarang, banyak orang yang mengonsumsi pisang, khususnya pisang hijau dalam keadaan banyak. Idealnya dengan dua buah pisang sudah cukup untuk memasok kebutuhan karbohidrat per sajian menu. Itupun belum ditambah dengan asupan nasi yang kurang terkontrol. Akibatnya, asupan gula dalam tubuh menjadi berlebihan dan mudah naik. Bijaknya, jangan memakan pisang hijau bersamaan dengan nasi putih. Pungkas Jessica Bruso dalam lansirannya.