Trik Menjaga Kesehatan Jantung

b9b7d329be276369e7ad278807c4b9bf196ee5ce.jpeg

Tubuh yang bugar dengan jantung yang sehat dapat membantu Anda beraktivitas dengan lancar tanpa ada gangguan kesehatan. Apalagi di masa sekarang ini, kesehatan seolah menjadi barang mahal yang tak bisa diabaikan. Maka dari itu, peralihan ke gaya hidup sehat tampaknya memang sangat diperlukan. Sebab, hanya dengan cara inilah, kesehatan jantung bisa tetap terjaga aman. Untuk mengaplikasikannya, trik berikut ini dapat dilakukan.

Mulai memilih makanan rendah lemak
Junk food dan soft drink adalah dua hidangan yang cukup digandrungi belakangan ini. Tinggalkan asupan tersebut dan beralihlah ke makanan yang rendah lemak. Hal ini bertujuan agar kadar kolesterol dalam darah tak mudah meningkat, sehingga tetap membuat jantung sehat, demikian penjelasan Molly McAdams, Ahli Nutrisi asal New York dalam lansirannya di Live Strong.

Tambahkan serat
Bukan hanya makanan rendah lemak yang perlu dimakan. Tambahkan juga buah dan sayur dalam setiap hidangan. Molly McAdams mengatakan serat yang ada dalam makanan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bukan hanya itu, buah dan sayur juga memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga jantung tetap sehat.

Hindari kolesterol
Kolesterol banyak bersumber dari makanan yang berlemak dan digoreng. Saran dari Molly McAdams, gantilah dengan makanan yang direbus, dikukus dan dipanggang. Selain lebih rendah kolesterol, makanan ini juga memiliki kandungan gizi lebih lengkap. Sebab, gizi yang terkandung di dalamnya tidak hilang karena proses pemasakan yang terlalu lama dan panas akibat minyak goreng.

Olahraga teratur
Selain menjaga pola makan yang sehat, jangan lupa untuk berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik ini dapat mengurangi jumlah kolesterol dan membakar tumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga akan membuat detak ritme detak jantung lebih lancar, sehingga akan membuat peredaran darah lancar dan tubuh menjadi lebih sehat.

Jalankan trik ini dengan  si kecil dan keluarga, sehingga Anda dapat menikmati kesehatan jantung secara bersama-sama.