Tips Sarapan Pagi untuk Dukung Daya Tahan Tubuh

Tips Sarapan Pagi untuk Dukung Daya Tahan Tubuh.jpg

Bu, yuk selalu siapkan sarapan pagi bergizi seimbang bagi anak sebagai bekal untuk menjalani harinya dengan lebih bersemangat. Selain sebagai sumber energi bagi anak untuk beraktivitas, sarapan pagi juga memiliki manfaat lainnya, lho. Diantaranya adalah untuk pemenuhan kebutuhan gizi harian anak, untuk membantu proses belajar anak, dan untuk mencegah kelebihan berat badan pada anak.

Selain yang disebutkan di atas, sarapan pagi juga diperlukan untuk mendukung daya tahan tubuh anak supaya anak selalu sehat. Karena melalui sarapan pagi yang sehat dan bergizi seimbang anak bisa mendapatkan zat gizi penting yang dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuhnya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menyiapkan sarapan sehat untuk dukung daya tahan tubuh anak.

 

  1. Kenali zat gizi yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

    Pertama-tama, Ibu tentu perlu mengenali zat gizi apa saja yang baik bagi sistem kekebalan tubuh anak. Di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin D, zink, zat besi, dan selenium. Nah, untuk memastikan anak mendapatkan zat gizi yang dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi sistem kekebalan tubuhnya, pastikan Ibu memasukkan bahan pangan yang mengandung zat-zat gizi tersebut dalam menu sarapan pagi anak.

     

  2. Sertakan sayuran dalam menu sarapan pagi

    Ada banyak sayuran sumber zat gizi yang penting bagi daya tahan yang bisa Ibu manfaatkan sebagai menu sarapan anak. Misalnya brokoli yang kaya vitamin C, vitamin A, dan antioksidan serta bayam juga kaya akan vitamin C, zat besi, dan mengandung antioksidan, dan jenis-jenis sayuran lainnya.

     

  3. Tambahkan buah dalam menu sarapan

    Buah juga merupakan sumber pangan yang kaya akan zat gizi yang berguna bagi daya tahan tubuh. Beberapa contohnya adalah jeruk, apel, kiwi, pepaya. Buah-buahan keluarga sitrus seperti jeruk dan lemon dikenal sebagai sumber vitamin C yang dapat mendukung daya tahan tubuh. Pepaya pun kaya akan vitamin A, B, C, dan K. Selain sebagai buah potong, Ibu dapat menyertakan buah-buahan dikombinasikan dengan menu sarapan lainnya. Buah dapat dimakan bersama sereal, yogurt, atau oatmeal, sebagai topping bersama roti, sebagai salad buah, dibuat minuman smoothies sehat, dan berbagai menu makan bergizi lainnya.

     

  4. Jangan lupakan probiotik

    Salah satu bagian tubuh yang penting dalam sistem kekebalan tubuh adalah sistem pencernaan. Bakteri baik atau probiotik dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Probiotik bisa didapat melalui makanan dan minuman yang difermentasi seperti yogurt, tempe, dan miso.

     

  5. Penuhi kebutuhan protein

    Bahan pangan sumber protein umum digunakan dalam menu sarapan pagi, biasanya juga mengandung zat gizi lain yang baik untuk mendukung kekebalan tubuh. Misalnya, telur yang mengandung vitamin A, D, zink, selenium, dan vitamin E. Salmon pun bisa menjadi pilihan karena selain kaya akan vitamin D juga mengandung omega-3. Selain itu, kebutuhan protein bisa juga diperoleh dari sumber nabati seperti kacang-kacangan, tempe dan tahu. Protein juga dibutuhkan untuk membantu memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak, juga berperan untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh.

     

  6. Produk pangan yang difortifikasi juga dapat membantu

    Untuk membantu pastikan anak mendapat asupan gizi yang ia butuhkan untuk dukung daya tahan tubuhnya, Ibu juga dapat menyajikan sarapan pagi dengan produk yang difortifikasi dengan zat-zat gizi yang penting. Misalnya produk susu dan olahannya serta sereal sarapan yang difortifikasi dengan vitamin dan mineral. Baca label pada kemasan untuk mengetahui kandungan dari produk pangan yang Ibu beli ya.

     

Yuk Bu, siapkan sarapan pagi bergizi seimbang bagi anak dan juga anggota keluarga lainnya. Kemudian jangan lupa juga ya Bu, selain melalui pemberian zat gizi seimbang, agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga anak juga butuh olahraga dan istirahat yang cukup.

 

Sumber:

https://www.chrichmond.org/services/gastroenterology-and-nutrition/feeding/the-importance-of-breakfast

https://www.ndtv.com/health/immunity-boosting-breakfast-ideas-you-must-try-to-stay-healthy-2300352

https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-broccoli#TOC_TITLE_HDR_3

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/saluran-cerna-benteng-kesehatan-anak-2

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/nutrition-and-immunity/

https://www.huffpost.com/entry/immunity-boosting-breakfast_n_4122932

https://www.allrecipes.com/article/foods-that-boost-immune-system/

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system#papaya

https://www.webmd.com/diet/what-to-know-about-fortified-foods#1