Sumber Protein Tidak Selalu Mahal Lho

9e733ad9199f9033aa9c211885e08c8030b17055.jpeg

Pemenuhan gizi simbang memang harus selalu diupayakan dalam menu harian. Pentingnya gizi yang cukup dalam tubuh akan membantu proses metabolisme dengan lancar. Tubuh Anda bisa tumbuh dengan sehat dan tak mudah mengalami beragam gangguan penyakit. Selain itu, gizi yang seimbang juga akan membuat aktivitas Anda lebih lancar. Sebab, Anda tak mudah lelah karena kehabisan energi.

Berbicara soal gizi yang cukup, mungkin banyak orang akan berpikir makanan yang mahal. Memang, makanan dengan kualitas gizi yang lebih memadai memiliki harga yang relatif lebih tinggi. Sebut saja sayuran organik, salmon hingga kalkun. Namun begitu, Anda tak perlu khawatir karena sumber protein dapat Anda temukan secara mudah dan harga yang terjangkau.

Tahu dan tempe

Semua orang paham bahwa kedua makanan ini termasuk makanan yang cukup mudah untuk didapatkan. Meski demikian, kandungan protein dari makanan yang bersumber dari kedelai ini tak semurah harganya. Dalam takaran 100 gram, tempe memiliki kandungan protein sebesar 20,8 gram. Sedangkan tahu memiliki kandungan protein sebanyak 10,9 gram per 100 gramnya.

Kacang hijau

Sumber makanan berikutnya yang juga kaya protein adalah kacang hijau. Biji-bijian yang relatif murah ini ternyata memiliki sumber protein yang cukup melimpah. Dalam 100 gramnya, kacang hijau dapat menyumbangkan protein sebesar 22,9 gram. Anda dapat mengolahnya menjadi kolak atau minuman sup kacang hijau yang lezat.

Kacang kedelai

Walau sudah ada tempe dan tahu yang kaya protein, tapi Anda bisa mengonsumsi kedelai langsung bilamana ingin sumber protein yang lebih besar. Setiap 100 gramnya, kedelai dapat menyumbangkan protein hingga 40,4 gram. Jumlah ini merupakan yang paling besar jika dibandingkan dengan sumber protein yang lain. Anda dapat memanfaatkannya sebagai camilan hingga campuran bubur ayam.

Telur ayam

Untuk makanan yang satu ini menjadi makanan yang sering disajikan dan cukup terjangkau bagi semua kalangan. Telur memiliki sumber protein yang lumayan tinggi, terutama pada putih telurnya. Dalam takaran 100 gram, telur ayam dapat memberikan asupan protein sebanyak 12,4 gram. Bisa digoreng atau diolah menjadi beragam masakan.

Semua sumber protein alami ini bebas Anda kreasikan menjadi sajian yang unik dan menarik untuk disantap. Jadi, selamat memasak ya, Bu.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini