Jaga Keamaan Pangan dengan Kenalkan dan Terapkan Praktik Higienitas Sederhana pada Anak

SEPT-OKT(6)-OK---Jaga-Keamaan-Pangan-dengan-Kenalkan-dan-Terapkan-Praktik-Higienitas-Sederhana-pada-Anak.jpg

Bu, selain memperhatikan kandungan gizi dari makanan yang kita sajikan untuk anak, keamanan pangan tentunya juga perlu diperhatikan. Ibu perlu memilih bahan pangan segar yang berkualitas, bersikap cermat ketika membeli pangan olahan, dan mengolahnya dengan selalu mempraktikan higienitas.

Apa saja yang perlu Ibu perhatikan dalam menjaga keamanan pangan keluarga?

  1. Beli bahan pangan yang aman dan berkualitas
  2. Simpan pangan secara aman dan di tempat yang tepat
  3. Mengolah pangan dengan tepat dengan tetap menjaga kandungan gizinya
  4. Sajikan pangan secara aman
  5. Selalu menjaga kebersihan dan higienitas

Nah, tentunya Ibu bukanlah satu-satunya yang berperan dalam menjaga keamanan pangan keluarga. Seluruh anggota keluarga turut berperan, termasuk anak. Karena itu Ibu juga perlu mengenalkan dan membiasakan anak menerapkan praktik higienitas sederhana, sesuai dengan kemampuan dan usia anak. Yuk simak beberapa tips mengenalkan praktik higienitas sederhana yang berhubungan dengan keamanan pangan pada anak.

  1. Biasakan anak untuk mencuci tangan dengan baik, terutama sebelum dan sesudah makan. Jika anak sudah di usia dimana ia bisa diajak melakukan aktivitas masak sederhana atau menyiapkan makanan di meja, biasakan pula untuk selalu mencuci tangan dengan sebelum melakukan aktivitas lain setelahnya.
  2. Libatkan anak dalam aktivitas mencuci buah dan sayur yang baru dibeli. Agar aktivitas ini lebih menyenangkan, jelaskan pula mengapa buah dan sayur perlu dicuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
  3. Saat melakukan aktivitas memasak bersama anak, ajak anak untuk turut membersihkan area dapur dan perangkat yang dipakai. Pastikan tugas yang diberikan sesuai dengan kemampuan anak dan selalu dilakukan dalam pengawasan Ibu, ya.
  4. Biasakan anak untuk selalu menjaga kebersihan saat melakukan aktivitas masak bersama Ibu, termasuk kebersihan area masak maupun kebersihan dirinya. Ibu juga bisa membiasakan anak mengenakan celemek dan mengikat rambutnya dengan rapi bagi anak perempuan.

Ternyata aktivitas memasak bersama anak bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar banyak hal ya, Bu. Termasuk untuk belajar mengenai higienitas dalam keamanan pangan agar lebih mudah dipahami oleh anak.

Sumber:

https://www.thespruceeats.com/teach-kids-food-and-kitchen-safety-481268

http://www.pom.go.id/files/2017/6_KeamananPangan.pdf

https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/keamanan-pangan/

https://dikes.badungkab.go.id/puskesmaskutasatu/artikel/read/172/5-KUNCI-KEAMANAN-PANGAN-UNTUK-KELUARGA.html

https://www.foodsafetynews.com/2019/05/new-guide-available-to-help-teach-kids-about-food-safety-in-the-kitchen/