Peran Penting Gula Bagi Tubuh

e5ca2963c1fecb7ec0adc53ee4e7293c11d26764.jpeg

Gula memang patut disalahkan sebagai penyebab dari banyaknya gangguan kesehatan. Konsumsi gula yang berlebihan akan membuat tubuh mengalami peningkatan kadar gula, dan banyak gangguan kesehatan lainnya. Di lain sisi tubuh tidak akan bisa berfungsi dengan baik jika tanpa gula. Apa sih pentingnya gula bagi tubuh? Yuk cari tahu!

Memberikan Energi Langsung
Sukrosa atau gula meja adalah gula yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Gula meja terdiri dari fruktosa dan glukosa yang merupakan sumber utama energi dalam tubuh. Tubuh Anda tidak bisa menyerap dua zat gula secara bersamaan, untuk itu diperlukan enzim untuk memecah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa. Setelah terpecah fruktosa dan glukosa akan diangkut ke hati untuk diproses dan kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh. Hormon insulin akan membantu penyerapan glukosa ke dalam sel, di mana glukosa akan diubah menjadi energi yang segera digunakan oleh tubuh.

Tekanan Darah Rendah
Gula ternyata sangat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah. Ketika tekanan darah mulai turun, gula akan membuat darah kembali ke posisi awal dan akan menjaganya tetap stabil. Gula yang paling cocok di konsumsi oleh penderita darah rendah adalah gula batu.

Gula Kompleks
American Heart Association dan organisasi kesehatan lainnya mengatakan bahwa sebagian besar gula yang masuk ke tubuh Anda datang dalam bentuk karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks banyak ditemukan di biji-bijan, sayuran bertepung seperti jagung, roti, dan sereal. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lama untuk di proses oleh tubuh sehingga membuat gula darah tetap stabil dan menyediakan cadangan energi.

Sebenarnya, ketika sedang berdiet Anda diperbolehkan mengonsumsi gula. Tapi banyak ahli diet dan kesehatan memperingatkan bahwa konsumsi gula yang berlebihan akan menyebabkan gangguan komplikasi kesehatan yang serius untuk tubuh Anda. Asupan gula yang berlebih akan mengganggu pola makan, dan membuat Anda makan berlebihan sehingga menyebabkan obesitas.

Untuk mengurangi risiko ini, menikmati makanan dengan gula secukupnya atau menggantinya dengan gula kompleks agar menjaga tubuh tetap sehat.