Pentingnya Kalsium untuk Menunjang Kesehatan Wanita

0d8c07259b3586e46c222424db0618df1d63f007.jpeg

Kalsium adalah zat gizi esensial yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kebaikan manfaat kalsium dikenal untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi sehat. Hal tersebut benar adanya, karena 99% kalsium berada di tulang dan gigi, sedangkan 1% sisanya bersirkulasi dalam darah dan sangat penting untuk kesehatan.

Namun perlu Ibu ketahui, ternyata wanita lebih banyak membutuhkan asupan kalsium dibandingkan pria. Kebutuhan kalsium harian untuk wanita berdasarkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) adalah 1.000 mg per hari. Oleh karena itu kalsium sangat dibutuhkan oleh wanita, manfaat kalsium lebih dari sekedar untuk membantu menjaga tulang kuat, tapi juga untuk menunjang kesehatan wanita. Apa sajakah itu? Yuk Bu kenali lebih dalam manfaat kalsium berikut ini.

 

Mencegah osteoporosis

Kekurangan asupan kalsium dapat menyebabkan penyakit osteoporosis. Perlu Ibu ketahui ternyata wanita lebih berisiko terkena osteoporosis dibandingkan laki-laki. Tidak seperti laki-laki, perempuan memiliki massa tulang 30 persen lebih sedikit, sehingga membuat wanita rentan terjangkit penyakit osteoporosis. Oleh karena itu asupan kalsium yang dibutuhkan oleh wanita jumlahnya jauh lebih tinggi yakni 1000 mg per hari, sedangkan laki-laki dewasa umumnya hanya membutuhkan 500-800 mg per hari.

 

Menjaga kadar estrogen

Asupan kalsium juga dapat mempengaruhi terjaganya keseimbangan kadar estrogen dalam tubuh wanita, yang sangat penting untuk keseimbangan hormon reproduksi, contohnya untuk mengatur siklus menstruasi.

Selain itu hormon estrogen juga bisa membantu untuk mempertahankan massa tulang. Produksi hormon estrogen yang berkurang saat menjelang usia menopause, akan membuat terjadinya pengurangan massa tulang. Oleh karena itu asupan kalsium sangat dibutuhkan wanita untuk menjaga keseimbangan hormon estrogen, yang ternyata juga berkaitan dengan pencegahan risiko osteoporosis.

 

Mencegah sindrom pramenstruasi (PMS)

Seorang dokter ahli endokrin yang juga menciptakan suplemen Premcal PMS, dr. Susan Thys-Jacobs, menyatakan bahwa perempuan harus memenuhi asupan vitamin D dan kalsium sebanyak 1000 mg per harinya. Jika tidak,  maka hormon yang mengatur kalsium akan bereaksi negatif dengan hormon estrogen dan progesteron, sehingga memicu terjadinya gejala PMS, seperti nyeri haid. Dengan memenuhi kecukupan asupan kalsium per harinya, maka setiap wanita dapat menghindari sindrom PMS  hingga 48%.

 

Sangat penting pada masa kehamilan dan menyusui

Pada masa ini kebutuhan asupan kalsium sedang mencapai puncaknya. Kebutuhan kalsium harian untuk ibu hamil berdasarkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) adalah sebanyak 1200 mg. Saat hamil, janin di dalam kandungan Ibu membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang dan otot yang kuat. Kalsium juga penting untuk menjaga detak jantung bayi agar selalu stabil dan saraf berfungsi sempurna, serta untuk mencegah terjadinya komplikasi di masa kehamilan.

Begitu pula dengan Ibu menyusui juga tetap membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak. Setelah melahirkan kadar esterogen dalam tubuh Ibu akan berkurang drastis, yang juga menyebabkan kepadatan tulang berkurang sebanyak 3-5 % pada minggu ke-10 hingga minggu ke-18 setelah melahirkan. Selain itu saat menyusui, Ibu juga secara tak langsung memberikan asupan kalsium yang diperlukan bagi bayi. Sehingga Ibu pun harus mencukupi kebutuhan kalsium yang tak hanya diperlukan untuk Ibu sendiri namun juga untuk bayi.

 

Membuat tubuh tetap langsing dan berat badan terjaga

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universite Laval's Faculty of Medicine, Amerika Serikat, membuktikan bahwa kalsium dapat mencegah kenaikan berat badan. Asupan kalsium akan membantu tubuh untuk meningkatkan proses pembakaran lemak, dan menyisakan sedikit lemak untuk disimpan sebagai energi dalam tubuh.

Menurut penelitian tersebut, otak bisa mendeteksi kekurangan kalsium dalam tubuh, yang ternyata akan memicu tubuh mengirim sinyal ke otak untuk mencari cadangan asupan kalsium dengan mengonsumsi makanan berlebih. Oleh karena itu dengan mencukupi kebutuhan kalsium per harinya, Ibu bisa menghilangkan berat bada sekitar 6 kilogram dalam waktu 15 minggu.

 

Melawan Sel Kanker

Studi yang dilakukan oleh American Cancer Society menyatakan bahwa kalsium sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Salah satunya dengan mencegah timbulnya radang pada dinding usus besar, yang menjadi penyebab awal kanker. Tak hanya itu saja, kalsium ternyata juga bisa mencegah risiko kanker ovarium dan kanker payudara. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu penuhi kebutuhan kalsium per harinya, dengan meningkatkan asupan kalsium yang cukup melalui sumber makanan sehat, seperti kacang-kacangan, brokoli, pisang, keju dan sayuran yang berwarna hijau yang tinggi kalsium, yakni sayur kale dan bayam.



Menjaga Jantung agar Selalu Sehat

Kalsium mempunyai jumlah yang paling banyak di dalam tubuh kita, yakni 99% kalsium terdapat pada tulang dan gigi. Sedangkan 1% sisanya ternyata juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh, yakni sebagai transmisi saraf dan fungsi otot. Asupan kalsium yang cukup juga berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan hipertensi. Karena kalsium dapat membantu mengontrol kinerja saraf dan otot agar lebih optimal sehingga pembuluh darah mengalir dengan lancar ke jantung. 

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini