Pastikan Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini dengan 10 Kebiasaan Baik Ini

SEPT OKT(2) OK - Pastikan Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini dengan 10 Kebiasaan Baik Ini.jpg

Bu, menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini bisa dilakukan melalui memperkenalkan berbagai kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai kebiasaan baik ini tentu perlu ditanamkan pada anak sejak dini, agar selalu diingat dan diterapkan sampai ia dewasa.

Kebiasaan baik yang diajarkan kepada anak dapat membantu jaga kesehatan dan gizi anak usia dini. Yuk lihat beberapa contoh kebiasaan baik tersebut.

 

  1. Konsumsi makanan bergizi seimbang
    Asupan gizi seimbang setiap hari sudah tentu merupakan bagian penting dari kesehatan dan gizi anak usia dini. Salah satunya bisa dilakukan dengan membiasakan anak menyukai aneka bahan pangan yang kaya gizi seperti vitamin dan mineral, di antaranya adalah buah dan sayur. Jika kebiasaan baik ini diterapkan sejak dini, akan membantu agar anak tidak mengkonsumsi makanan yang itu-itu saja atau pemilih (picky eater).

     

  2. Selalu ingat untuk sarapan pagi
    Sarapan pagi penting bukan hanya untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak, tetapi juga untuk mendukung kerja otak, sebagai sumber energi, dan menjaga kesehatan anak. Harvard Medical School juga menyebutkan bahwa sarapan sehat dapat membantu menjaga status gizi anak dan mengurangi risiko obesitas. Karena itu, penting bagi anak untuk terbiasa makan sarapan pagi dengan menu bergizi lengkap dan seimbang.

     

  3. Rajin mencuci tangan
    Yuk Bu, biasakan anak sering mencuci tangan dan ajarkan anak cara mencuci tangan yang benar. Contohkan cara mencuci tangan pada anak dan sampaikan pentingnya mencuci tangan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan buku bergambar dan nyanyian untuk membuat aktivitas mencuci tangan menyenangkan bagi anak.

     

  4. Aktif bergerak
    Salah satu cara yang dapat Ibu lakukan untuk membiasakan anak aktif bergerak adalah mengajaknya melakukan berbagai permainan dan aktivitas fisik, termasuk berolahraga bersama. Jika anak terbiasa bergerak dengan aktif, olahraga akan ia lakukan dengan gembira dan dapat menjadi kebiasaan baikuntuk menunjang tumbuh kembangnya. Ada banyak aktivitas olahraga yang dapat dicoba anak, Ibu dapat mendukung anak untuk eksplorasi berbagai jenis olahraga. Selain itu, berolahraga bersama keluarga juga dapat menjadi pilihan untuk membuat anak lebih bersemangat dan aktif bergerak dan membuat suasana lebih menyenangkan.

     

  5. Istirahat yang cukup
    Selain aktif bergerak, anak-anak juga butuh istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Tidur sesuai dengan kebutuhan anak yaitu 9-10 jam sehari merupakan bagian dari rutinitas dan gaya hidup yang sehat. Membentuk rutinitas tidur anak sebelum tidur bisa dilakukan dengan cara meredupkan lampu kamar serta berhenti aktivitas yang menggunakan banyak gerakan maupun menonton televisi atau gadget kira-kira satu jam sebelum waktu tidur dan menggantinya dengan aktivitas membaca buku Selain itu, biasakan anak menjaga kebersihan sebelum tidur seperti membersihkan badan, sikat gigi, dan mengganti baju tidur agar anak tidur lebih lelap dan nyaman.

     

  6. Batasi screen time
    Ibu tentu tahu bahwa waktu anak di depan layar televisi atau gadget (screen time) perlu dibatasi. Screen time yang berlebihan dapat menggangu aktivitas belajar anak, menjadikan anak kurang bergerak sehingga dapat meningkatkan risiko obesitas, juga dapat mengganggu waktu tidur dan berisitirahat anak.

     

  7. Menjaga kebersihan tubuh
    Ajarkan anak cara menjaga kebersihan tubuhnya sejak dini dengan menjelaskan apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuhnya yaitu mandi,mencuci rambut, termasuk juga kebersihan gigi dan mulutnya dengan menyikat gigi. Pada usia dini, anak masih butuh dibantu Ibu untuk menyikat giginya dengan baik dan benar, tetapi rutinitas ini penting untuk diterapkan agar anak terbiasa rajin menyikat gigi. Jangan lupa untuk rutin mengunjungi dokter gigi untuk memeriksa kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut.

     

  8. Minum air putih sesuai kebutuhan
    Minum air putih yang cukup dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan ubuh atau hidrasi, hal ini penting untuk menjaga kesehatan anak dan juga mendukung fungsi normal saluran pencernaan serta penyerapan gizi. Air putih adalah salah satu sumber asupan cairan tubuh yang merupakan pilihan terbaik bagi anak. Biasakan anak untuk minum air yang cukup sesuai kebutuhan anak sepanjang hari ya, Bu.

     

  9. Membatasi asupan gula tambahan
    Ibu bisa melakukannya dengan mengurangi minuman manis/mengandung tinggi gula tambahan dan ganti dengan menyajikan lebih buah yang walaupun manis tetapi lebih kaya zat gizi. Selain itu, memasak menu sehat sendiri di rumah juga dapat dilakukan sehingga Ibu dapat mengontrol kandungan gula dalam makanan juga mengurangi konsumsi jajanan yang tinggi gula tambahan.Cermati juga membaca label pangan ketika membeli makanan atau minuman kemasan, sehingga Ibu bisa memilih yang kandungan gula tambahannya lebih rendah untuk pilihan yang lebih sehat

     

  10. Makan bersama keluarga
    Betul Ibu, makan bersama keluarga dapat membantu menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini, lho. Dengan menerapkan kebiasaan baik ini, anak dapat belajar pola makan sehat dari anggota keluarga yang lain dan Ibu juga bisa menjaga secara langsung asupan gizi anak.

     

Sumber:

https://www.healthline.com/health/healthy-habits-mothers-should-teach-kids#pick-enjoyable-activities 

https://www.verywellfamily.com/healthy-habits-to-teach-your-child-4071124 

https://parenting.firstcry.com/articles/20-essential-healthy-habits-for-kids/ 

https://www.hopkinsallchildrens.org/ACH-News/General-News/The-importance-of-sleep-for-kids 

https://blog.cincinnatichildrens.org/healthy-living/5-simple-ways-to-reduce-sugar-in-your-childs-diet 

https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/How-to-Reduce-Added-Sugar-in-Your-Childs-Diet.aspx