Ngemil Tapi Tetap Sehat, Bisa Ngga Ya?

0577f5a7d7cc7e88c4fbbc017e2dd5e80188111d.jpeg

Memasuki bulan kedua dalam tahun baru, beberapa orang masih berjuang keras mengaplikasikan resolusi tahun barunya. Apalagi sebentar lagi akan ada tahun baru Imlek, bagi orang China hal ini sudah menjadi langkah besar yang perlu dilakukan khususnya untuk menjalani hidup sehat. Salah satu pantangan yang sering dihadapi saat menjalani hidup sehat ini adalah ngemil. Kebiasaan ini memang kerap menjadi salah satu faktor yang dapat mengganggu diet.

 

Walau begitu, tak perlu khawatir terlebih dulu. Diet bukan artinya tak boleh ngemil, karena menurut Susan Bowerman, RD, ahli gizi dari UCLA Center for Human Nutrition, ngemil masih diperlukan oleh tubuh untuk menjaga asupan kalori tetap berimbang. Namun, yang perlu diperhatikan di sini tentang apa yang dimakan dan seberapa banyak porsinya. Beberapa camilan sehat yang rendah kalori versi Susan tersaji sebagai berikut.

 

Almond

Makanan yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda yang gemar makan sehat. Almond termasuk makanan yang tinggi protein dan lemak sehat seperti asam lemak omega-3. Sumber nutrisi tersebut diperlukan oleh tubuh untuk membentuk energi dan juga otot tubuh. Almond juga kaya serat yang baik untuk pencernaan. Makanlah almond tak lebih dari 13 butir dalam sekali sajian agar tak melebihi 200 kalori asupan dalam tubuh. Anda dapat menjadikannya camilan di sore hari dalam sekali sajian.

 

Apel dan Susu Skim

Camilan berikutnya yang bisa Anda nikmati adalah apel dan susu skim. Kombinasi antara apel dan susu skim bisa menghasilkan energi yang baik untuk tubuh. Sajian ini dapat menyumbangkan protein sebanyak 10 gram dan serat sebesar 5 gram. Di samping itu, hidangan ini tak lebih dari 200 kalori, sehingga cocok menjadi camilan diet sehat. Makanlah hidangan ini saat jam ngemil di pagi hari atau sekitar pukul 10 pagi. Bisa juga sekitar jam 8 malam atau satu jam sebelum tidur dan sesudah makan malam.

 

Alpukat dan Keju Cottage

Dari semua jenis keju, cottage cheese merupakan keju yang rendah kandungan kalorinya. Nikmati keju ini dengan alpukat yang kaya lemak sehat. Nutrisi yang tersimpan dalam buah alpukat dapat menjadi sumber kalori yang pas saat jam ngemil tiba. Sajian ini menyumbangkan 9 gram protein dan 7 gram serat di dalamnya. Dari 56 gram buah alpukat, tambahkan keju cottage sebanyak 5 gram saja. Ambil satu buah alpukat dan berikan sedikit serutan keju cottage. Rasanya yang lembut cocok untuk disajikan di sore hari sambil menikmati matahari terbenam.

 

Sajikan camilan sehat ini saat jam ngemil tiba, makan sesuai dengan porsi yang sudah ditentukan agar jumlah kalori yang masuk dalam tubuh tidak berlebihan.