Mesin Pengering Tangan Ternyata Gudangnya Bakteri!

7bd52acc11acef101cfcb9eab8e48f3c4b1902f6.jpeg

Saat mencuci tangan di resto, Anda biasanya akan menemukan hand dryer untuk mengeringkan tangan yang basah. Bahkan, si kecil suka untuk memainkannya karena hanya dengan sekali sentuh udara super cepat dapat keluar dan mengeringkan tangan. Namun, tahukah Anda jika pengering ini ternyata mengandung banyak bakteri? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sebuah penelitian dari inggris melakukan penelitian terhadap mesin pengering dan hasilnya terdapat jenis kuman berbahaya pada udara yang keluar untuk mengeringkan tangan. Tingkat bakteri di udara sekitar pengering jet udara 4,5 kali lebih tinggi. Mark Wilcox, pemimpin penelitian yang berasal dari University of Leeds menyatakan bakteri dapat bertahan di udara sekitar mesin pengering dalam waktu yang cukup lama setelah digunakan.

48 persen bakteri ditemukan masih ada di sekitar mesin pengering dalam waktu lima belas menit setelah digunakan. Jika melihat antrian mencuci tangan di restoran cepat saji, Anda akan bertukar bakteri yang semakin berlipat angkanya. Wilcox mengatakan hal ini dapat berpotensi untuk saling mengirimkan penyakit dengan cepat. Apalagi, setelah mencuci tangan Anda biasanya langsung makan dengan tangan.

Mayo Clinic Proceedings dalam penelitiannya menyarankan disediakannya paper towel atau tisu di tempat berbagai tempat yang menyediakan fasilitas mencuci tangan. Karena, mesin pengering tidak hanya menyebarkan bakteri melalui tangan tapi juga bisa melalui udara, jika udara mesin pengering terhirup langsung. Hal ini akan sangat membahayakan kesehatan Anda, terutama bagi si kecil.

Melihat berbahayanya mesin pengering yang biasa Anda dan keluarga gunakan, kini lebih baik ambil tisu untuk mengelap tangan setelah cuci tangan ya. Sebarkan informasi ini pada orang-orang terdekat Anda agar jauh dari potensi penularan kuman penyakit dan bakteri. Semoga menginspirasi!