Menyimpan Vitamin Anak Juga Ada Tata Caranya

04ac1995647518c7e06f507193c4dc047dcf66bd.jpeg

Selain makanan dan minuman, vitamin juga perlu disimpan, lho. Namun, caranya tidak boleh sembarangan. Ada tahap-tahap yang harus Anda ikuti, seperti tidak boleh disimpan secara terbuka, tidak boleh dicampur dengan bahan-bahan berbau menyengat, dan harus diletakkan dalam wadah terpisah.

Setelah itu, simpanlah di tempat-tempat berikut ini agar khasiatnya tidak hilang dan kualitasnya tetap terjamin.

Kulkas

Sebagian besar suplemen dan vitamin harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Anda bisa memanfaatkan kulkas sebagai media penyimpanan. Tapi, tidak semua suplemen atau vitamin boleh disimpan di sini karena kulkas tidak sepenuhnya kering. Uap air di dalamnya dapat mengurangi efektifitas vitamin dan suplemen, sehingga sebelum memasukkannya dalam kulkas, perhatikan dulu labelnya ya.

Lemari obat di kamar mandi

Beberapa orang lebih suka menyimpan suplemen mereka di lemari kamar mandi. Ketika bangun tidur kamar mandi merupakan tujuan utama yang tidak mungkin dilewatkan, sehingga mereka bisa dengan cepat mengambil suplemen tanpa harus keluar kamar. Namun, tingkat kelembapan di sini lumayan tinggi, jadi  Anda harus  menyimpan suplemen dengan tepat agar tetap dingin dan kering sepanjang waktu.

Dapur

Dapur bisa menjadi tempat paling strategis untuk menyimpan suplemen dan vitamin. Setiap sehabis makan, Anda tinggal membuka lemari obat di dapur dan memberikannya pada si kecil tanpa pergi jauh-jauh. Namun, jangan sampai mencampurnya dengan bahan-bahan makanan ya.

Hindarkan dari jangkauan anak-anak

Meskipun vitaminnya khusus untuk anak-anak, tetap saja harus dijauhkan dari jangkauannya. Jika Anda membiarkannya begitu saja, bisa-bisa si kecil akan mengonsumsi vitamin dan supleman tersebut kapan pun dia mau dan tanpa takaran yang pasti. Hal ini tidak bagus untuk kesehatannya. Jadi, selalu awasi si kecil ya.

Jangan lupa periksa tanggal kedaluwarsa

Satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan, selalu periksa tanggal kedaluwarsanya. Jika sudah melewati masa kadaluwarsa sebaiknya segera dibuang. Beberapa vitamin memang memiliki jangka waktu yang pendek sehingga Anda harus teliti saat membelinya.

Menyimpan vitamin akan menghemat pengeluaran dan kesehatan keluarga juga lebih terjamin. Selamat mencoba ya.