Kalsium Bukan Hanya Untuk Tulang Saja Lho! Yuk, Ketahui Apa Saja Manfaat Kalsium Berikut Ini

SEPT-OKT(4)-OK---Kalsium-Bukan-Hanya-untuk-Tulang,-Lho.jpg

Bu, jika bicara soal manfaat kalsium, yang pertama muncul di benak kita biasanya adalah kebaikan kalsium untuk kesehatan tulang. Tentu saja ini benar, dan karena itu pula kalsium penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Namun, selain untuk kesehatan tulang, masih banyak manfaat kalsium lainnya bagi tubuh kita.

Yuk ketahui berbagai manfaat kalsium bagi tubuh melalui penjelasan singkat berikut ini.

  1. Mendukung kesehatan tulang dan gigi

    Selain mendukung kesehatan tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk mendukung kesehatan gigi. Untuk tulang, kalsium berfungsi sebagai bagian penting dari struktur tulang yang membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Sepanjang kehidupan anak, tulang akan terus mengalami perubahan sesuai usia dan berat badan, dalam hal kepadatan maupun bentuk.

    Bagaimana dengan fungsi kalsium untuk kesehatan gigi? Mineral yang membentuk email dan dentin pada gigi merupakan mineral yang sama dengan yang membentuk tulang, termasuk kalsium. Tidak seperti tulang, gigi sedikit sekali mengalami perubahan setelah muncul. Gigi juga bisa dikatakan tak bisa memperbaiki diri setelah ia tumbuh. Penuhi asupan kalsium pada anak untuk menjaga kekuatan gizi pada masa pembentukan gigi, sehingga gigi anak dapat tidak mudah rusak.

  2. Mendukung fungsi pergerakan otot

    Manfaat kalsium juga untuk mendukung kerja normal kontraksi otot, termasuk pada otot jantung. Saat otot berkontraksi, kalsium berperan dalam proses interaksi protein dalam otot. Jika tubuh kekurangan kalsium, maka otot tidak bisa kembali mengendur dengan normal sesudah berkontraksi yangberakibat otot serta bagian tubuh dapat menjadi kaku.

  3. Membantu peredaran darah

    Dengan mencukupi asupan kalsium harian untuk tubuh, peredaran darah dapat menjadi lebih lancar sekaligus menjaga tekanan darah lebih normal.

  4. Membantu berbagai fungsi tubuh lainnya

    Proses pelepasan hormon dan enzim sebagai pengatur fungsi tubuh pun dibantu oleh keberadaan kalsium di dalam tubuh. Fungsi sistem organ dalam tubuh manusia yang berfungsi dengan baik menandakan kerja hormon dan enzim yang baik dan mempengaruhi hampir Kesehatan tubuh.

Banyak sekali ya, manfaat kalsium bagi fungsi tubuh dan kesehatan kita. Akan tetapi, tubuh tidak bisa memproduksi kalsium dengan sendirinya. Oleh karenanya diperlukan asupan kalsium yang didapat dari bahan pangan tinggi kalsium, di antaranya adalah susu dan produk turunannya seperti yogurt, berbagai jenis ikan seperti ikan gabus, ikan teri segar, dan ikan salmon, sayuran berdaun warna hijau tua seperti bayam, dan produk pangan yang difortifikasi dengan kalsium.

Kemudian, mengonsumsi pangan sumber kalsium saja juga ternyata tak cukup untuk mendapatkan manfaat kalsium karena tubuh membutuhkan zat gizi lain seperti vitamin D untuk dapat menyerap kalsium dengan baik. Artinya, jika ingin mendapatkan manfaat kalsium secara optimal, Ibu juga perlu pastikan anak mendapat asupan vitamin D yang cukup sesuai kebutuhan, ya.

Sumber:

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/calcium

https://www.medicalnewstoday.com/articles/248958#why-we-need-calcium

https://www.healthline.com/health/8-fast-facts-about-calcium#calciumrich-foods

https://www.medicalnewstoday.com/articles/248958#calcium-rich-foods

Almatsier, Sunita. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta: 2001.

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/calcium-full-story/

https://ods.od.nih.gov/factsheets/Calcium-Consumer/