49e3eae516c5d28147b2c8715eedb6831a93bb6b.jpeg

Pernah mendengar tentang skoliosis? Para orangtua sebaiknya mulai menaruh perhatian untuk kelainan struktur tulang ini.

Skoliosis sangat susah dikenali semenjak dini meski merupakan penyakit bawaan sejak lahir. Tak jarang baru diketahui saat sang anak beranjak dewasa.

Kasus ini terjadi pada Wulan. Gadis kecil ini lahir normal. Ia dapat berlari dan berjalan seperti anak seusianya. Berat dan tinggi badannya pun normal. Namun saat berusia empat tahun, Ibunya menemukan kejanggalan di punggung Wulan.

Baca Juga : Berenang Dapat Menyehatkan Tulang Belakang
 

Setelah diperiksa, dokter menemukan tulang belakangnya melengkung ke samping atau skoliosis. Skoliosis sendiri sebenarnya hanya satu dari beberapa kelainan tulang pada manusia. Namun skoliosis lah paling sering dijumpai .

Skoliosis disebabkan kurangnya vitamin D (rachitis). Jadi, umumnya terdapat di negara yang kurang jarang mendapatkan sinar matahari seperti Inggris. Namun ada juga yang disebabkan gangguan metabolisme kalsium selama masa kandungan.

Lalu, jika telat diketahui, apa yang harus dilakukan para orangtua? Membiarkannya tentu sebuah keputusan salah karena seiring waktu, derajat kemiringan tulang akan semakin besar.

Salah satu cara penanganan adalah menggunakan stagen khusus. Hubungi dokter, karena dokter lah yang akan menentukan jenis stagen yang pas agar punggung kembali normal.

Pemakaian stagen khusus ini terus dikenakan selama beberapa tahun, dan diganti berkala dengan yang berukuran lebih besar sejalan dengan bertambahnya umur, dan disesuaikan dengan sudah berapa besar terkoreksinya kemiringan. Hingga pada akhirnya dokter menyatakan tak perlu dikenakan lagi.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Tulang Si Kecil

Adapuan jika setelah pemakaian stagen, namun sudut kemiringan punggung tak berubah atau bahkan mungkin bertambah besar, maka, baru dilakukan operasi. Dari segi finansial, operasi tentu membutuhkan biaya lebih besar ketimbang penggunaan stagen. Jadi, mari waspada kelainan tulang.

Untuk mencegah skiolosis, Ibu meraba punggung anak saat memandikannya. Lalu cermati, adakah tonjolan aneh yang tak lazim di situ. Bila ya, segeralah memeriksakannya ke dokter.
 

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini