Tips Menyajikan Buah Sebagai Minuman dan Makanan Sehat untuk Anak

10 - Tips Menyajikan Buah Sebagai Minuman dan Makanan Sehat untuk Anak.jpg

Buah adalah bagian penting untuk memastikan anak mendapat asupan gizi seimbang setiap harinya. Selain kaya akan serat, buah juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Karena itu, Ibu perlu menyajikan buah dalam menu makanan sehat untuk anak setiap harinya.

 

Supaya bervariasi dan anak tidak bosan, Ibu bisa menyajikan buah dengan berbagai cara, lho. Selain sebagai makanan sehat untuk anak, Ibu juga bisa menyajikan buah sebagai pilihan minuman sehat untuk anak. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Ibu coba untuk menyajikan buah sebagai minuman dan makanan sehat untuk anak.

  1. Untuk menyiapkan minuman maupun makanan sehat untuk anak, Ibu dapat memanfaatkan buah dalam berbagai bentuk. Buah segar, buah yang dibekukan, buah kaleng, jus buah murni, maupun buah yang dikeringkan.
  2. Serat bisa didapat secara lebih optimal jika menggunakan buah yang masih ada dagingnya, dibandingkan jus yang hanya mengambil sari atau airnya saja.
  3. Sebagai pengganti gula, gunakan buah yang bercitarasa manis untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minuman sehat untuk anak yang hendak dibuat. Misalnya pisang atau nanas.
  4. Sajikan buah segar dalam berbagai resep. Misalnya sate buah segar, yogurt dengan toping potongan buah, es loli dari jus buah atau dengan potongan buah, smoothies sebagai minuman sehat, dan lain sebagainya.
  5. Manfaatkan buah dalam berbagai resep. Misalnya puding buah, saus puding, pie buah, dadar gulung isi buah, es krim buah, kue dengan buah kering, dan lain sebagainya.
  6. Untuk menghindari membuang buah yang terlanjur busuk, Ibu bisa membekukan buah potong setelah dibeli atau buah yang sudah terlalu matang. Buah beku dapat Ibu gunakan untuk membuat smoothies.
  7. Jangan takut mencampur aneka buah, dan juga sayuran saat membuat smoothies sebagai minuman sehat untuk anak.
  8. Kombinasikan buah dengan makanan yang memang disukai anak. Misalnya yogurt, es krim, sereal sarapan, oatmeal, dan lain-lain.
  9. Saat hendak menyajikan atau mengolah buah, terlebih dahulu cuci buah dengan air mengalir. Ibu dapat menggunakan baking soda saat mencuci buah untuk menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin menempel. Khususnya untuk buah-buahan yang akan disantap bersama kulitnya.
  10. Sajikan buah saat sarapan, makan siang, makan malam, dan juga sebagai menu camilan sehat.

Satu lagi yang dapat Ibu lakukan untuk membantu memastikan anak cukup makan buah adalah selalu menyediakan buah segar di rumah yang dapat dengan mudah disantap anak jika ia menginginkannya. Selamat mencoba, Bu!

 

 

 

Sumber:

https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/eight-tips-for-healthy-eating/

https://www.choosemyplate.gov/focus-on-fruits

https://fruitsandveggies.org/stories/top-10-ways-to-cook-almost-anything/

https://www.everydayhealth.com/healthy-recipes/fruits-vegetables.aspx

https://greatist.com/health/healthy-snack-recipes-fruit#sweet

https://www.healthandwellnessalerts.berkeley.edu/topics/healthy-living/winner-a-baking-soda-wash-for-fruits-and-vegetables/