Terlalu Steril Bikin Anak Mudah Sakit, Benarkah?

9aa49929505bb225518b4d1b572db481938a4e90.jpeg

Virus, kuman dan berbagai sumber penyakit bisa hadir di manapun Anda berada. Oleh karena itu, diperlukan gaya hidup bersih dan pola makan yang sehat untuk menghalau sumber penyakit. Namun, Dr. Handrawan Nadesul mengatakan, kini ada anggapan bahwa anak yang terlalu steril malah  lebih rentan terkena penyakit. Untuk tahu kebenarannya, simak ulasan berikut ini ya.

Pada umumnya tubuh memiliki sistem kekebalan yang senantiasa bertambah lengkap sejak masih dalam kandungan. Kekebalan tubuh ini bisa diwariskan dari Ibu dan ada pula yang dibuat oleh tubuh sendiri karena pernah terserang infeksi sebelumnya.

Setiap kali tubuh dimasuki bibit penyakit, saat itu juga sistem kekebalan baru dibuat untuk melawannya. Jadi, bisa dikatakan bahwa makin sering seseorang dimasuki bibit penyakit maka semakin bertambah jenis kekebalan tubuh yang dibuat untuk melawan bibit penyakit. Sehingga, tubuh akan semakin kebal terhadap bibit penyakit yang pernah hinggap ditubuh sebelumnya.

Mungkin Anda pernah mendengar jika penyakit cacar air atau campak hanya menyerang seseorang satu kali dalam seumur hidup. Jadi, ketika Anda sudah pernah mengalami cacar air saat kecil, berdekatan dengan orang yang terkena cacar tidak akan bisa menularkan virus pada Anda. Kejadian ini tidak terjadi tanpa alasan lho. Karena, kekebalan terbagi menjadi dua jenis yakni kekal untuk selamanya dan ada yang hanya bertahan beberapa tahun saja.

Anak yang pernah mengalami cacar air kemungkinannya untuk terserang lagi sangat kecil karena kekebalan tubuh terhadap cacar bertahan sepanjang hayat. Berbeda dengan flu yang bisa menyerang kapan saja, karena kekebalan tubuh terhadap virus flu yang tidak dapat bertahan lama.

Membaca penjelasan di atas mungkin kedengarannya lebih baik hidup tidak bersih agar kebal terhadap penyakit namun, bukan itu tujuan dari ulasan ini. Anda tetap harus memilih pola hidup bersih dan ciptakan ketahanan tubuh yang optimal dengan makanan menu seimbang, berolahraga dan cukup istirahat. Tidak perlu serba steril, cukup bersih saja. Jangan lupakan kebiasaan mencuci tangan, mandi, menggosok gigi dan memilih makanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Tetap jaga kebersihan dan kesehatan tubuh seperti biasanya ya, namun tetap dalam tahap sewajarnya saja. Semoga bermanfaat.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini