b1ad6876f048d86ba2db2c872ddb2f5e53c4b68d.jpeg

Pemandangan kota yang mendadak menjadi merah dengan hiasan lampion cantik yang berderet di sepanjang jalan raya. Suasana yang seperti akan mudah sekali ditemukan saat perayaan tahun baru Cina tiba. Imlek menjadi salah satu perayaan yang cukup ditunggu di dunia. Bagaimana tidak, banyaknya masyarakat Cina yang tersebar di hampir seluruh dunia membuat euforia Imlek ini begitu terasa. Walau tak semeriah Imlek di negara-negara Tiongkok, paling tidak semua masyarakat Cina bisa merayakannya tanpa harus jauh pergi ke negara leluhurnya.

 

Merayakan Imlek memang cukup seru dan menyenangkan, tetapi jangan sampai lupa untuk menjaga kesehatan. Biar Anda bisa menyambut tahun baru Cina dalam kondisi prima, simak tips menjaga tubuh yang sehat selama imlek berikut.

 

Jangan lupa sarapan

Meski sedang menikmati liburan Imlek, tetap jangan lupakan sarapan. Makan pagi ini dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk energi agar lebih mudah beraktivitas. Pilihlah hidangan yang kaya protein seperti menambahkan telur dan susu dalam hidangan. Asupan protein yang cukup dapat membantu perut agar tak mudah lapar selama melihat parade Imlek berlangsung.

 

Kurangi makanan berlemak

Ciri yang paling mudah dijumpai dalam hidangan Cina khususnya selama Imlek berlangsung banyak kandungan lemaknya. Mungkin cukup sulit untuk menghindarinya, tetapi mencoba untuk tidak terlalu banyak memakannya adalah langkah menjaga kesehatan tubuh selama Imlek yang cukup efektif. Anda bisa mengimbanginya dengan memakan salad spesial Imlek seperti Yee Sang yang terbuat dari irisan ikan segar dan sayuran.

 

Gunakan piring kecil

Maksudnya jagalah konsumsi Anda dan keluarga agar porsinya tak sampai berlebihan. Godaan makanan yang lezat memang sulit untuk dihindari kala Imlek tiba. Bahkan, dalam beragam sajian yang ada di hotel berbintang, menu Tiongkok ini kerap kali dihidangkan dalam porsi yang besar. Gunakan piring kecil untuk mengambilnya. Makanlah sesuai dengan porsi yang sesuai dengan tubuh. Tak perlu berlebihan karena perayaan Imlek masih lama dan Anda tentu tak mau melewatkannya bukan?

 

Tetap olahraga

Aktivitas fisik tak perlu dihentikan saat Imlek. Liburan bukan artinya senang-senang dengan makan enak dan malas berolahraga. Justru kebiasaan yang semacam ini mudah sekali untuk mengganggu kesehatan tubuh usai liburan. Lakukan joging di pagi hari atau latihan aerobik seperti yoga dan pilates selama 15-30 menit setiap hari. Tubuh sehat pun tetap bisa Anda miliki walau berlama-lama menikmati parade Imlek yang begitu indah.

 

Tak begitu sulit kan? Coba diterapkan selam Imlek ya Bu. Jangan lupa ajak si kecil dan keluarga juga, biar manfaatnya bisa dirasakan bersama.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini