Sehatkan Rambut dengan Beragam Sumber Nutrisi

84d493f39958f6e59cc85da5d9eaf9eec4a6f895.jpeg

Rahasia untuk mempunyai rambut yang indah dan kuat bukan hanya pada produk perawatan rambut yang mahal atau salon mewah, tapi juga berhubungan dengan apa yang dimakan. Masukkan beragam sumber nutrisi pada menu makan sehari-hari untuk mempunyai rambut tersehat yang selama ini diimpikan.

Yuk kenali nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk rembut.

Zat Besi

Mineral ini penting untuk membantu mengurangi kerontokan. Ketika kadar zat besi jatuh di bawah titik tertentu, anemia akan terjadi dan mengganggu pasokan nutrisi ke folikel, mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut, serta dapat menyebabkan rontok. Wilma Bergfeld, MD, dermatologis di Cleveland Clinic menyarankan untuk memakan daging merah tanpa lemak yang kaya akan nutrisi sebanyak 2 kali seminggu. Bisa juga meningkatkan asupan zat besi dengan memasukkan lentil, bayam, dan brokoli ke dalam salad. Pasangkan dengan makanan kaya vitamin C seperti jeruk, untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

Protein

Protein adalah nutrisi yang dapat memperbaiki kerusakan sel-sel dan meningkatkan kekuatan rambut. Diet protein yang sangat rendah menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh, dan rontok. Beberapa makanan yang dapat dimasukkan dalam menu harian, menurut situs WebMD adalah daging tanpa lemak, ikan, ayam, telur, dan produk kedelai. Cukupi kebutuhan protein setidaknya 46 gram sehari atau sekitar 3 ons ayam.

Asam Lemak Omega 3

Asam lemak esensial ini memainkan peran kunci untuk melembapkan dan menghaluskan rambut. Cukupi kebutuhan tubuh dengan memakan ikan berlemak, seperti salmon, 2 kali seminggu untuk mendapatkan rambut sehat dan indah. Menurut situs WebMD, selain ikan berlemak, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi seperti flaxseed, kacang kenari, dan almon.

Biotin

Senyawa ini merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, biotin merupakan nutrisi terpenting untuk menjaga kekuatan dan tekstur rambut dan bisa didapatkan dari telur, hati, dan kedelai. Penuhi kebutuhan biotin pada tubuh yaitu sekitar 500-1000 mcg per hari untuk mengurangi risiko ruam pada kulit kepala dan kerontokan rambut.

Asam Folat

Penurunan asam folat dapat menyebabkan lambatnya pertumbuhan rambut serta rambut yang mulai memutih. Kadar kebutuhan asam folat yang harus dipenuhi tubuh setiap hari adalah sebesar 400-800 mcg. Memakan banyak buah dan sayuran terutama jeruk dan tomat, gandum, kacang-kacangan, dan lentil adalah sumber terbaik asam folat.

Ubah kebiasaan makan sekarang juga dan nantikan hasil rambut sehat yang selama ini didambakan.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini