Menilik Gizi Pisang Cokelat, Camilan Sehat Anak

6dbf4b48549547522b43ac8cc09a48bb9e03b763.jpeg

Kebanyakan anak-anak menyukai pisang karena rasanya yang manis. Selain itu, pisang juga rendah lemak jenuh dan kolesterol, serta kaya serat, vitamin C, kalium sehingga menunjang tumbuh kembangnya dengan optimal. Jika si Kecil sudah bosan dengan memakan pisang begitu saja, beri tambahan coklat untuk membuat ide kudapan yang sehat dan menyenangkan.

Nutrisi Pada Pisang

Pisang berukuran sedang memiliki sekitar 105 kalori, demikian pernyataan Barbara Bates, RD, ahli gizi yang telah menghasilkan karya tulis di bidang nutrisi dan kebugaran di Livestrong Foundation. Jumlah kalori 97,4% berasal dari karbohidrat, sedangkan 3,3% dari lemak, dan sisanya disumbang oleh protein. Pisang mengandung 27 gram karbohidrat total, yang terdiri dari 3,1 gram serat, 6,3 gram pati, dan 14,4 gram gula alami. Untuk kandungan lemaknya, pisang hanya memiliki 0,4 gram dalam 1 porsi, dengan hampir 2 kali lebih banyak asam lemak omega 6 dibandingkan asam lemak omega 3. Sebuah pisang juga mengandung  75,5 IU Vitamin A, 10,3 mg Vitamin C, dan 11,6 mg kolin. Selain itu, pisang berukuran sedang mempunyai 5 mg kalsium, 31 mg magnesium, 422 mg kalium, dan mineral lainnya seperti natrium, zat besi, tembaga, dan selenium.

Nutrisi dalam Dark Chocolate

Coklat hitam merupakan akanan kaya energi yang menyediakan sekitar 170 kalori per ons. Menurut lansiran departemen ketahanan pangan Amerika, US Department of Agriculture (USDA), 1 ons mengandung 12 gram lemak totak, 7 gram lemak jenuh, dan 24 gram gula. Konsumsi dalam jumlah sedang untuk mendapatkan manfaat antioksidan bagi kesehatan, tanpa memicu risiko obesitas dan penyakit diabetes. Satu ons dark chocolate juga mengandung  zat besi dan tembaga yang membantu membentuk sel darah merah yang sehat dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga kaya akan mangan yang digunakan untuk membentuk tulang, berpengaruh pada faktor pembekuan darah, metabolisme nutrisi, mengatur gula darah, dan membantu penyerapan kalsium.

Kudapan Pisang Cokelat

Kudapan ini mudah dibuat, bahkan oleh anak-anak. Siapkan pisang yang sudah dikupas dan dipotong-potong, kemudian ditancapkan pada stik. Tata di atas loyang dan tutup dengan plastik, lalu bekukan selama 3 jam. Celupkan ke cokelat leleh hingga menyelimuti pisang. Jika mau, gulingkan juga pada kacang atau almond untuk menambah kandungan protein dan lemak tak jenuh. Dalm 1 porsi penyajian, kudapan sehat ini mengandung 160 kalori, 8 gram total lemak, 3,5 gram lemak jenuh, dan 19 gram karbohidrat.

Yuk buat Pisang Cokelat bersama si Kecil ya. Selain menyehatkan dan lezat, kegiatan ini juga pas untuk mengisi kegiatan akhir pekan.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini