Mengenal Gizi dan Nutrisi Pembangkit Energi

4d43f0ca5178f7bb81ef39211bf12ce7eee57069.jpeg

Saking sibuknya, Anda sering mengalami kelelahan, padahal masih banyak kegiatan yang harus dijalani. Secara naluri, Anda akan meraih minuman berkafein atau permen untuk memberikan dorongan energi. Ahli nutrisi Dina Aronson, RD, menjelaskan bahwa kelelahan berdampak pada fisik dan emosional, serta mengacaukan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat Anda rentan terhadap penyakit, depresi, bahkan penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Makanan yang kaya protein, serat, karbohidrat komplek, dan nutrisi lainnya dapat membantu memberikan tambahan energi, tanpa mengacaukan pola makan Anda. Simak beberapa pilihan sehat untuk makan siang dan camilan yang ampuh mendorong energi.

Almond

Almond kaya akan magnesium dan vitamin B yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Rachel Berman, RD, penulis Boosting Your Metabolism for Dummies, mengatakan penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tingkat magnesium yang rendah cenderung lebih mudah capek dikarenakan peran penting magnesium dalam metabolisme energi. Kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan kelelahan, mudah marah, dan kehilangan konsentrasi. Tambahkan almond dalam salad atau konsumsi sebagai camilan sehat. Nikmati camilan almond tak lebih dari 12 biji agar tidak menyumbang kalori berlebihan pada tubuh.

Salmon

Dikenal sebagai makanan untuk otak, salmon tinggi asam lemak omega-3 yang mampu meningkatkan memori, mengurangi depresi, meningkatkan energi, serta memperbaiki suasana hati. Menurut Rachel, salmon juga merupakan sumber protein yang berfungsi membangun otot dan menjaga organ tubuh agar berfungsi dengan baik. Sajikan hidangan salmon sebanyak 50 gram dalam sekali sajian. Imbangi dengan 100 gram sayur dan buah serta 200 gram nasi untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Mashed potato bisa Anda sajikan sebagai pengganti nasi.

Pisang

Selain praktis dan mudah didapatkan, Rachel menyebutkan pisang adalah buah yang kaya serat, vitamin B, dan kalium, yang merupakan zat gizi yang mendorong metabolisme energi dan menjaga fungsi otot. Konsumsi pisang secara langsung sebagai kudapan sehat atau campur dengan susu rendah lemak dan yogurt menjadi smoothie. Gunakan sebagai sarapan atau kudapan praktis yang bisa dibawa kemanapun Anda pergi. Satu buah pisang ukuran sedang atau dengan berat 100 gram dapat mencukupi kebutuhan buah dalam sekali makan.

Oatmeal

Oatmeal adalah alternatif cerdas untuk memulai hari Anda. Rahasianya ada pada serat. Karena serat membutuhkan waktu begitu lama untuk dicerna, maka memilih oatmeal sebagai sarapan akan memberikan energi sepanjang hari. Demikian penjelasan Melinda Johnson, MS, RD dari Academy of Nutrition and Dietetics. Selain itu oatmeal menjaga konsentrasi dan menjauhkan Anda dari snack yang tinggi garam, gula, maupun kalori. Hidangkan 30 gram oatmeal setiap pagi saat sarapan. Untuk si kecil bisa disajikan sebanyak 15-20 gram per sajian.

Tidak sulit kok untuk menjaga energi supaya tidak merosot. Semoga tips-tips di atas dapat memberikan pengetahuan untuk mempertahankan energi Anda hingga penghujung hari.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini