266608523cb4b80d914d93acb41f45396337b757.jpeg

Jika ditanya tentang seberapa sering minum susu, mungkin sebagian besar orang akan menjawab sering. Susu boleh dibilang minuman yang banyak disajikan untuk segala usia. Mulai anak-anak sampai orang dewasa masih membutuhkan susu untuk menunjang sistem tubuh agar berjalan normal. Adapun jenis susu yang paling banyak adalah susu sapi. Di samping lezat, banyaknya susu yang dihasilkan dari hewan ternak ini juga harganya amat terjangkau, sehingga mudah sekali dinikmati oleh semua orang.

 

Soal gizi tak perlu diragukan lagi, tetapi sudah tahukah Anda tentang kandungan gizi lengkap dari minuman ini? Jika belum langsung simak berikut ini.

 

Susu murni

Sebelum susu sapi diolah menjadi beberapa jenis, biasanya susu ini dihidangkan langsung alias masih dalam keadaan segar. Aglaee Jacob, nutrisionis asal Kanada memaparkan kandungan gizi dari susu sapi segar atau murni. Minuman ini mengandung 31 persen kebutuhan vitamin D harian dalam tubuh. Susu sapi murni juga mengandung 149 kalori dengan rincian 7,9 lemak, 7,7 gram protein, 11,7 gram karbohidrat dan bebas serat. Kalsium dalam susu sapi murni sebanyak 276 miligram dan 8 persen kebutuhan vitamin A harian.

 

Susu rendah lemak

Hasil olahan susu murni memunculkan jenis susu sapi yang rendah lemak. Sesuai dengan namanya, proses yang dilakukan, yaitu untuk mengurangi lemak dalam minuman ini. Susu rendah lemak sebanyak 250mL menurut Aglaee mengandung 122 kalori. Dari jumlah ini dapat ditemukan lemak sebanyak 4,8 gram, 8,1 protein, 11,7 gram karbohidrat dan serat tidak ditemukan sama halnya dalam susu murni. Susu sapi jenis ini juga menyumbangkan kalsium 305 miligram, 10 persen kebutuhan vitamin A harian dan 29 persen kebutuhan vitamin D harian.

 

Susu skim

Ada lagi susu skim yang lebih rendah kandungan lemaknya. Tingginya kebutuhan untuk menjalani hidup sehat membuat kebutuhan susu skim meningkat. Susu skim biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani diet lemak. Menurut Aglaee segelas susu skim dengan ukuran 250mL mengandung 83 kalori dengan rincian 0,2 gram lemak, 8,3 protein, 12,2 gram karbohidrat dan nol serat. Susu skim memiliki kandungan kalsium sebanyak 299 miligram, 10 persen kebutuhan vitamin A harian dan 29 persen kebutuhan vitamin D harian.

 

Susu cokelat

Varian susu yang satu ini tampaknya yang paling banyak digemari, terutama pada anak-anak. Tambahan cokelat dalam susu ini membuat jumlah kalori meningkat menjadi 158 kalori per 250mL. Dalam susu ini tersimpan 2,5 gram lemak, 8,1 gram protein, 26,1 karbohidrat, 24,9 gula dan serat sebanyak 1,3 gram. Susu cokelat menyumbangkan 290 miligram kalsium, 10 persen vitamin A harian dan 29 persen kebutuhan vitamin D bagi tubuh.

 

Sekarang sudah paham kan, kenapa susu itu termasuk ke dalam minuman yang menyehatkan?

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini