Menengok Nutrisi Lengkap Kepiting

2d53cd4c33d59fd5721a36f94fbdf31a29bccddd.jpeg

Buat penggemar seafood, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kepiting. Dagingnya yang bertekstur tapi lembut bisa membuat air liur menetes walau hanya dengan mencium aromanya. Rasanya yang cenderung manis juga cocok divariasikan menjadi aneka masakan lezat. Yuk tengok nilai nutrisi yang terkandung dalam daging kepiting ini.

Protein

Daging kepiting termasuk makanan yang kaya akan protein. Seporsi daging kepiting seberat 3 ons menyediakan antara 16-20 gram protein, sebagian dari kebutuhan protein sehari. Menurut Harvard School of Public Health Weight Management Potential, protein merupakan makronutrien penting yang membantu mempertahankan otot dan memperbaiki sel-sel tubuh. Selain itu, membantu Anda merasa cepat kenyang dan meningkatkan laju metabolisme.

Rendah Kalori

Dalam 3 ons penyajian, daging kepiting hanya mengandung antara 85-95 kalori, tergantung pada varietas kepiting. Bandingkan dengan daging sapi yang berisi 185 kalori dan 11 gram lemak per 3 ons. Jadi jangan ragu memasukkan daging kepiting sebagai pengganti sumber protein dalam menu si Kecil ya.

Vitamin dan Mineral

Daging kepiting mengandung aneka nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin B12, fosfor, dan selenium. Vitamin B12 membantu mengubah makanan menjadi energi, membantu menjaga fungsi sel, dan mempercepat pembentukan sel darah merah. Primadona seafood ini juga memenuhi 20% kebutuhan fosfor yang penting untuk kekuatan tulang, dan 40% selenium dalam tubuh per hari yang bekerja sebagai antioksidan untuk membantu kerja kalenjar tiroid.

Penyajian

Jika Ingin mengonsumsi kepiting dan ingin membatasi asupan kalori ke dalam tubuh, pilihlah jenis blue crab yang memberikan 70 kalori dalam setiap 3 ons penyajiannya. Punya rasa yang lembut dan sedap, daging kepiting bisa diolah menjadi berbagai menu seperti sup yang lezat dan menghangatkan, salad, pengganti ikan dalam tacos, maupun isi dalam omelet untuk sarapan bergizi. Tidak ingin repot menyajikan daging kepiting? Cukup kukus dan sajikan dengan tetesan jeruk nipis dan irisan daun ketumbar untuk memberikan sensasi segar. Akan tetapi, Ibu harus hati-hati dengan kandungan natrium dalam daging kepiting yang lumayan besar. Beberapa jenis kepiting dapat menyumbangkan kadar natrium antara 330 mg hingga 911 mg per 3 ons. Sedangkan asupan natrium yang direkomendasikan oleh The Institute of Medicine adalah di bawah 1500 mg setiap hari.

Untuk alternatif yang sehat dan lezat, masukkan kepiting dalam menu keluarga sehari-hari ya, Bu.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini