Memahami Kebutuhan Vitamin C Si Kecil

e92a890801547949c9de92c16ee2318f33f5ba59.jpeg

Setiap harinya tubuh membutuhkan banyak asupan vitamin untuk menunjang metabolisme. Proses ini akan berjalan dengan maksimal jika bahan produksi yang diperlukan berupa zat gizi dapat terpenuhi dengan baik. Metabolisme akan mengolah sumber makanan yang masuk dalam tubuh menjadi energi yang tak lain adalah bahan bakar untuk beraktivitas. Salah satu sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh adalah vitamin C.

Supaya asupan vitamin yang memiliki nama lain asam askorbat ini tepat konsumsinya bagi si kecil, pahami dulu ulasan berikut.

Dosis
Kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh anak-anak tentunya berbeda dengan yang vitamin C yang diperlukan oleh orang dewasa. Brooke Peyman, nutrisionis dari Arizona State University, menjelaskan kebutuhan vitamin C harian anak-anak usia 2 sampai 3 tahun adalah sebanyak 15 miligram. Beda halnya dengan anak-anak yang berusia 4 sampai 8 tahun membutuhkan 25 miligram vitamin C setiap hari. Sementara, anak-anak yang berusia 9 sampai 13 tahun baru membutuhkan vitamin C sebanyak 45 miligram per hari.

Manfaat
Berbicara soal manfaat, vitamin C sudah tak perlu diragukan lagi. Brooke menuturkan bahwa vitamin C dapat membantu melancarkan proses tumbuh kembang si kecil. Bukan hanya itu, vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal beragam zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh seperti radikal bebas. Dari sisi penyerapan nutrisi, vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi yang dapat membantu pembentukan energi.

Sumber makanan
Selain  manfaat, Anda juga ingin mengetahui sumber makanan terbaik vitamin C. Menurut Brooke sumber vitamin C yang paling besar ada dalam buah-buahan dan sayuran khususnya buah jeruk. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh. Bukan hanya jeruk, stroberi, mangga, grapefruit, blueberry, wortel, tomat, brokoli adalah buah dan sayuran terbaik sumber vitamin C.

Kekurangan vitamin
Sama halnya dengan vitamin lain, kekurangan vitamin C juga memiliki dampak bagi kesehatan. Brooke menyebutkan kekurangan vitamin C dapat daya tahan tubuh menurun. Tubuh lebih mudah terinfeksi beragam virus yang bisa menyebabkan si kecil sakit. Di samping itu, kekurangan vitamin C juga bisa membuat si kecil mudah merasa lelah saat beraktivitas. Kesehatan mulut juga ikut terganggu, seperti munculnya gangguan seriawan yang tak kunjung sembuh.

Berikan asupan vitamin C secara tepat agar buah hati Anda senantiasa sehat.

 

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini