Manfaat Probiotik dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

08 - Manfaat Probiotik dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak.jpg

Ibu tentu pernah mendengar mengenai probiotik, bukan? Probiotik adalah bakteri baik yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Tentunya termasuk bagi anak. Probiotik merupakan berbagai jenis mikroorganisme. Salah satunya yang paling umum dikenal adalah lactobacillus.

 

Yuk Bu, cari tahu lebih banyak mengenai manfaat probiotik, khususnya untuk mendukung daya tahan tubuh anak dan apa saja jenis makanan atau minuman yang mengandung probiotik.

 

Apa manfaat probiotik bagi daya tahan tubuh anak?

Salah satu dari manfaat probiotik adalah membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi dari makanan. Kedua hal ini berhubungan erat dengan daya tahan tubuh anak.

 

Saluran cerna merupakan organ daya tahan tubuh terbesar lho, Bu. Sekitar 80% dari sel yang menghasilkan antibodi terdapat di saluran cerna. Nah, di dalam saluran cerna terdapat triliunan mikroorganisme dari berbagai spesies. Ada yang merupakan bakteri baik, ada pula yang merupakan bakteri jahat. Dalam keadaan normal, atau dimana komposisi bakteri dianggap seimbang, bakteri baik jumlahnya lebih banyak daripada bakteri jahat. Probiotik bekerja membantu tubuh menjaga jumlah mikroorganisme baik sehingga pencernaan tetap atau kembali dalam keadaan sehat.

 

Manfaat probiotik lainnya yaitu dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Misalnya gangguan pencernaan berupa diare, konstipasi, kolik, dan lain sebagainya. Jika pencernaan anak kembali sehat, maka sistem kekebalan tubuhnya pun dapat menjadi optimal.

 

Apa saja makanan dan minuman yang mengandung probiotik?

Probiotik bisa didapat dari makanan hasil fermentasi, seperti yogurt, keju, tempe. Beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung probiotik lain diantaranya adalah acar, kimchi, miso, roti sourdough, kefir, kombucha, dan lain-lain. Beberapa jenis susu pun ada yang difortifikasi dengan probiotik.

 

Ibu tentu tahu bahwa saluran pencernaan adalah organ yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta daya tahan tubuh Anak. Karenanya, kesehatan saluran pencernaan Anak perlu selalu dijaga agar ia selalu sehat dan happy ya, Bu.

 

 

Sumber:

https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-benefits-of-probiotics

https://nccih.nih.gov/health/probiotics/introduction.htm

https://www.healthline.com/health/types-of-probiotics#how-to-start

http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/saluran-cerna-benteng-kesehatan-anak-bagian-i

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/saluran-cerna-benteng-kesehatan-anak-2

http://www.idionline.org/artikel/prebiotik-dan-probiotik/

https://www.sehatq.com/artikel/makanan-probiotik-untuk-lancarkan-pencernaan

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini