72606970d37c4b2f6b4acd3050c5cc5a97136f55.jpeg

Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang wajib hadir untuk melengkapi masakan Ibu. Tapi tahukah Ibu, selain sebagai penyedap makanan, manfaat bawang merah ternyata juga sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Apalagi orang tua jaman dahulu seringkali menggunakan manfaat bawang merah sebagai obat alami untuk menangani beberapa penyakit yang diderita anak. Maka tak ada salahnya, jika kini Ibu juga memanfaatkan khasiat bawang merah sebagai obat alami untuk si kecil. Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang merah yang bisa digunakan untuk pengobatan si kecil.

 

Penurun Demam

Demam adalah keluhan yang paling sering dijumpai pada anak-anak. Namun, Ibu tak perlu panik dengan terburu-buru ke dokter atau memberikan si kecil obat penurun panas. Ibu bisa menurunkan demam si kecil dengan menggunakan obat herbal yang bisa Ibu buat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur, yakni bawang merah.

Ramuan herbal ini telah digunakan sejak jaman dahulu dan secara turun temurun telah diwariskan sebagai peredam demam yang ampuh. “Brambang”, begitu orang jawa menyebutnya. Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin dan floroglusin yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh. Kandungan flavonoid yang terdapat pada bawang merah juga berfungsi sebagai anti radang, anti bakteri serta mampu menurunkan panas.

Cara meramu ramuan herbal ini juga sangat mudah. Ibu cukup ambil 3-5 siung bawang merah, kupas lalu cuci bersih, Kemudian gerus atau tumbuk kasar, jangan sampai halus biarkan tekstur bawang merahnya tetap ada. Lalu, Ibu bisa tambahkan sedikit minyak kelapa, minyak kayu putih, atau minyak telon secukupnya. Setelah itu balurkan ke tubuh anak, terutama bagian ubun-ubun, punggung, dada, perut, lipatan paha, lengan dan telapak kaki. Alangkah lebih baik jika Ibu melakukannya saat si kecil sedang tidur, sehingga ia tidak terganggu dengan baunya yang tajam.

 

Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung sering dialami bayi. Saat menyusui mungkin saja posisi Ibu dan bayi tidak tepat, sehingga menyebabkan udara masuk, dan perut menjadi kembung. Tak heran saat perutnya kembung, bayi akan menjadi rewel dan susah tidur.

Manfaat bawang merah juga efektif untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Cara meramunya juga sama, yakni mencampurkan bawang merah tumbuk plus minyak telon, lalu dioleskan ke perut bayi. Ramuan bawang merah ini akan menghangatkan perut bayi sehingga menimbulkan efek rileks dan perut kembung pun teratasi.

Ibu juga bisa mengolesi ramuan bawang merah tersebut sambal melakukan pijat bayi yang juga sangat efektif dalam mengatasi perut kembung.   Ibu bisa memberikan pijatan “I LOVE U” yang bisa Ibu lakukan sendiri selama 15 menit sebelum ia tidur. Caranya sangat mudah hanya dengan melakukan pijatan dengan membentuk huruf “I”, “L”, dan “U” pada perut bayi. Bisa dipastikan bayi akan tidur lebih lelap dan lebih lama.

 

Sebagai Antibakteri dan Antivirus

Mungkin banyak orang yang belum tahu, termasuk Ibu, bahwa manfaat bawang merah juga mampu menyerap bakteri dan virus. Hal ini disebabkan karena bawang merah mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin, Senyawa ini lalu diubah oleh enzim alliinase menjadi asam piruvat, ammonia dan alliisin sebagai anti mikroba yang bersifat bakterisida.

Selain itu, manfaat bawang merah juga bisa sebagai antivirus. Caranya dengan meletakkan irisan atau potongan bawang merah yang telah dikupas di pojok ruangan yang ampuh untuk menyerap virus flu yang berada si sekitar ruangan. Biasanya irisan bawang merah akan berubah menjadi hitam di pagi harinya karena permukaan bawang telah menyerap bakteri dan virus. Letakka bawang merah di sudut ruang kamar tidur, di ruang keluarga, meja makan, dan meja tempat kerja. Aroma atsiri yang terkandung di dalam bawang merah akan menyebar ke seluruh ruangan sehingga mampu mencegah Ibu dan keluarga terserang oleh virus influenza.

Namun ada yang harus Ibu perhatikan terlebih dahulu, berhubung sifat bawang merah yang mampu menyerap bakteri dan virus, sebaiknya Ibu jangan mengupas dan memotong bawang merah sebelum anda menggunakannya. Karena jika dibiarkan semalam dalam kondisi teriris, maka potongan bawang tersebut sudah tidak higenis dan mengandung bakteri yang mungkin berbahaya bagi tubuh kita.

 

Memperlancar sirkulasi darah

Manfaat bawang merah ternyata juga bisa untuk memperlancar sirkulasi darah. Caranya dengan menempelkan bawang merah di kaki bersama perban atau kaus kaki. Lakukan selama minimal 4 jam atau saat sedang tidur. Asam fosfat dari bawang merah akan diserap melalui trans-dermal pada telapak kaki dan masuk ke pembuluh. Asam fosfat mampu memurnikan dan menyerap racun dalam darah sehingga sirkulasi darah pun menjadi lancar.

 

Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat bawang merah juga terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya meredakan flu dan batuk. Senyawa sulfur dan quercetin yang banyak terkandung dalam minyak minyak atsiri bermanfaat dalam menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan senyawa sulfur dalam bawang merah juga mampu mengatasi gangguan dalam saluran pernafasan yang mampu melegakan dan mencairkan dahak seseorang yang terserang flu dan disertai dengan batuk.

Cukup mudah mengobati sakit flu dan batuk menggunakan bawang merah. Ibu bisa mengonsumsi bawang merah yang sudah dikupas kulitnya lalu dibakar, atau bisa juga dimasukkan ke dalam adonan telur dadar. Selain itu, Ibu juga bisa menempatkan potongan bawang merah yang telah dikupas di dalam kamar yang ampuh menyerap virus atau bakteri, sehingga flu dan batuk pun bisa sembuh dengan cepat.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini