Bahaya Mencabut Gigi Sembarangan

e433c90a347ff0010208fb1cf3c60a17a1f6ebfa.jpeg

Gigi permanen memang sudah tidak bisa tanggal layaknya gigi susu. Namun, ketika Anda mengalami sakit gigi atau semacamnya, jangan terburu-buru mencabutnya secara sembarangan. Di masa lalu, orang biasanya menggunakan metode tradisional untuk mencabut gigi yang sakit atau bermasalah. Sayangnya saat ini banyak yang tidak begitu paham tentang metode tersebut sehingga kalau sampai dilakukan malah berbahaya. Lebih baik segera kunjungi dokter gigi terdekat dan minta tolong untuk dicabutkan. Lebih aman dan terpercaya.

Berikut ada 3 dampak buruk yang bisa terjadi kalau sampai Anda mencabut gigi sembarangan. Simak ya!

Infeksi Rongga Gigi

Infeksi memang sudah biasa terjadi ketika mengalami goresan tau semacamnya. Namun, bagaimana kalau hal tersebut terjadi di dalam mulut? Inilah yang akan Anda rasakan kalau mencabut gigi sembarangan. Penanganan yang ala kadarnya saat cabut gigi bisa menyebabkan infeksi di rongga gigi sehingga membuat gigi terasa ngilu. Menurut pakar gigi Dr. Munro-Hall, cabut gigi yang tidak sesuai prosedur pada orang dewasa mengakibatkan  infeksi rongga gigi hingga kemiringan beberapa derajat. Hal ini tentu saja membuat Anda tidak bisa menikmati makanan dengan leluasa dan mengunyah secara normal.

Gangguan Penglihatan

Hal ini juga bisa terjadi pada mereka yang memiliki komplikasi di dalam tubuhnya. Misal, seseorang yang memiliki riwayat diabetes melitus dan hipertensi mencabut giginya dengan sembarangan. Atau seseorang yang stress selama mencabut giginya sehingga membuat tekanan darah ikut naik dan menyebabkan terjadinya pendarahan pada cairan di bola mata. Seram sekali bukan?

Oleh karena itu sebelum mencabut gigi, pastikan Anda dalam kondisi prima dan tidak gugup agar proses bisa berjalan lancar tanpa memberikan efek samping.

Ngilu

Ini yang bisa terjadi pada gigi susu si kecil. Ketika giginya tanggal dan dicabut dengan metode tradisional, bisanya akan terasa ngilu selama beberapa hari. Begitu pula ketika melakukan pencabutan di dokter spesialis. Saat obat bius yang disuntikkan ke gusi habis, maka rasa ngilu akan menyerang dan membuat si kecil rewel selama beberapa hari.

Ada pepatah lama yang bilang kalau mending sakit gigi daripada sakit hati. Tapi lebih baik tidak keduanya karena badan yang sehat jauh lebih menyenangkan. Semoga informasinya bermanfaat ya.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini