Asparagus, Kuntum Bunga Yang Kaya Serat

fb18af2b0c58a272b2cf6eec20e30c3c44b4d8b3.jpeg

Membahas tentang asparagus memang identik dengan hidangan mahal di restoran berbintang. Maklum saja, masih banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan sayuran yang berjenis kuntum bunga ini. Selain masih ditemukan di sebagian pasar saja, pengolahannya yang kurang begitu diketahui oleh sebagian orang juga menjadi faktor sayuran sehat ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk memasaknya, pahami dulu yuk manfaat dari Asparagus berikut ini.

Kaya serat
Pencernaan yang kurang begitu lancar kadang kala bisa diakibatkan karena minimnya asupan serat yang ada dalam tubuh. Asparagus mengandung serat yang sangat melimpah. Praktisi gizi dari Amerika, Cheryl Forberg, RD, menyebutkan bahwa serat yang ada dalam asparagus dapat membantu penyerapan zat gizi dan kelancaran proses metabolisme dalam tubuh.

Sumber vitamin
Di samping serat, asparagus juga kaya kandungan vitaminnya. Cheryl menjelaskan bahwa dalam seporsi asparagus tersimpan vitamin A, C, E dan K. Vitamin ini memiliki peran masing-masing dalam tubuh. Misalnya, vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata, vitamin E baik untuk menunjang kesehatan kulit, vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta vitamin K yang berperan aktif membentuk sel darah.

Sumber folat
Tak hanya vitamin, di dalam asparagus juga bisa ditemukan berbagai mineral bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah folat. Cheryl juga menjelaskan folat memiliki peran yang baik untuk menunjang perkembangan otak anak. Asupan folat yang cukup dalam tubuh juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Sumber antioksidan
Adanya zat ini semakin membuktikan khasiat asparagus bagi kesehatan. Antioksidan dikenal sebagai salah satu zat yang banyak bersumber dari buah dan sayuran. Zat ini memiliki peran yang amat penting untuk mencegah masuknya mikroorganisme, virus maupun zat kimia berbahaya seperti radikal bebas ke dalam tubuh. Sebab, jika imunitas tubuh tak begitu kuat, maka berbagai serangan tersebut bisa dengan mudah menimbulkan beragam penyakit.

Begitu melimpah bukan manfaat dari asparagus ini, tunggu apalagi langsung kreasikan di dapur yuk Bu.

 

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini