Ada Masanya Si Kecil Suka Menggigit Jari

ccde68aa4ed356a941eb1d5ee300c45074181fff.jpeg

Anak-anak selalu menunjukkan kebiasaan yang lucu dan menggemaskan. Mulai dari tersenyum, tertawa terbahak-bahak sampai bersin yang sampai menggetarkan semua tubuhnya. Kebiasaan ini sebagai salah satu bentuk perkembangannya. Selain kebiasaan yang menggemaskan ini, kadang anak memiliki kebiasaan lain yang justru membuat orang tuanya kesal, seperti menggigit jari.

Menurut Louise Chang, MD, dokter anak dari WebMD, bahwa kebiasaan menggigit jari pada anak-anak sebenarnya muncul akibat tak ada aktivitas yang bisa membuat si kecil bergerak lebih aktif. Mulanya anak menggigit jari sebagai luapan kesendiriannya, namun kepekaan tubuhnya belum terbentuk secara sempurna, anak-anak melanjutkan kebiasaan ini sepanjang tak ada yang mengingatkannya. Untuk mengatasinya, Dr. Louise memberikan tipsnya sebagai berikut hanya untuk Anda.

Memotong kuku yang panjang
Melihat si kecil sering menggigit tangan? Ssebaiknya Anda lebih sering untuk memotong kukunya saat kelihatan panjang. Kuku yang panjang biasanya akan membuat si kecil lebih menikmati kegiatan menggigit jarinya. Selain itu, rajin memotong kuku si kecil juga bisa menjauhkan dari infeksi kuman yang mungkin saja bersarang dalam kuku si kecil yang kotor.

Mengolesi dengan garam
Ini mungkin menjadi cara yang klasik tetapi cukup efektif untuk menghentikan kebiasaan si kecil yang gemar menggigit jari. Berikan sedikit garam atau hanya menyentuh ujung jarinya dengan tangan Anda yang menyentuh garam sebelumnya. Saat si kecil menggigitnya dia akan langsung mengeluarkan jarinya dan tidak jadi menggigit jari lagi.

Bungkus dengan sarung tangan
Perlengkapan baju si kecil biasanya sangat lengkap termasuk sarung tangan yang lucu-lucu. Pakaikan sarung tangan tersebut saat Anda meninggalkan si kecil sendirian di tempat bayi, baik untuk masak maupun membersihkan rumah. Cara ini dapat mencegah si kecil agar tidak menggigit jari lagi karena semua tangannya terbungkus sarung tangan.

Tengoklah sesekali buah hati Anda saat di tempat bayi, jika pencegahan ini dapat Anda lakukan sejak dini, maka kebiasaan menggigit jari yang dilakukan oleh si kecil pun juga akan hilang secara perlahan. Semoga berhasil ya, Bu.