7 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Seorang Ibu

24ea9fb71cf1040a54894725df461c15d550bd2b.jpeg

Setiap hari ibu selalu menyiapkan hidangan sehat untuk buah hati dan keluarga. Berbagai makanan kaya gizi memang sangat dibutuhkan oleh anak untuk mendukung proses tumbuh kembangnya. Namun, tahukah Anda jika ibu juga membutuhkan nutrisi penting demi menunjang kesehatan tubuhnya agar dapat beraktivitas menjalankan perannya dengan lancar? Agar tidak penasaran, langsung disimak ulasannya berikut ini ya.

Asam folat

Sumber nutrisi pertama yang dibutuhkan oleh ibu adalah asam folat. Zat gizi ini diperlukan untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan menjaga kesehatan otak. Asam folat banyak ditemukan dalam buah alpukat dan sayuran hijau.

Zat besi

Mineral ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Selain itu, zat besi juga bisa mengikat oksigen bebas yang ada dalam darah. Hal ini amat penting, terutama untuk mengembalikan keseimbangan kadar darah dalam tubuh usai mengalami menstruasi. Zat besi banyak ditemukan pada sayur brokoli dan kacang.

Kalsium

Sementara mineral yang satu ini diperlukan untuk menyokong kekuatan tulang dan gigi. Saat memasuki usai kepala tiga, kondisi tubuh akan terus mengalami penurunan, terutama kekuatan tulang. Jika tidak ditunjang dengan asupan kalsium yang cukup, ibu lebih rentan mengalami osteoporosis di masa tua. Kalsium banyak terkandung dalam susu, bayam, almond dan kedelai hitam.

Vitamin D

Penyerapan kalsium dalam tubuh bakal kurang maksimal manakala vitamin D dalam tubuh rendah. Vitamin ini banyak diperoleh dari sinar matahari khususnya di pagi hari. Manfaat vitamin ini bisa membantu meningkatkan mood dan menguatkan tulang serta gigi.

Magnesium

Tahukah Anda jika bayam ternyata juga mengandung magnesium? Bersama-sama dengan kalsium, mineral ini juga dapat menjaga tulang dan gigi tetap kuat dan sehat. Di samping itu, magnesium juga memiliki fungsi menjaga tekanan darah tetap normal.

Vitamin E

Ada lagi vitamin E yang bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Vitamin E juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan mata dan juga kulit. Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan, biji-bijian dan juga minyak esensial seperti olive oil.

Asam lemak omega-3

Nutrisi terakhir yang juga dibutuhkan oleh ibu tak lain asam lemak omega-3. Zat gizi ini bisa menghambat berbagai risiko penyakit berbahaya seperti kanker. Omega-3 juga memiliki keistimewaan menjaga tekanan darah dan mencegah peradangan. Sumber utama omega-3 berasal dari  salmon, tuna, hering dan sardin.

Jangan pernah melupakan sumber makanan penting ini ya, Bu.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini