5 Pilihan Kudapan Sehat untuk Anak

0babe802caed3990814d007fecae55e9c9e5f36e.jpeg

Memilih makanan selingan memang tak mudah. Ibu harus memastikan makanannya bisa membuat anak tetap kenyang, tanpa membuatnya kelebihan berat badan alias obesitas.

Ini beberapa daftar kudapan sehat yang bisa Ibu siapkan untuk si kecil.

1. Sereal dari gandum utuh

Camilan ini tak hanya bisa menahan lapar, tapi juga mengandung serat, kalsium serta berbagai vitamin yang diperlukan bagi perkembangan anak. Tambahkan susu UHT, yoghurt atau buah-buahan kering seperti kismis untuk membuat rasa sereal makin lezat. Tapi jika si kecil lebih suka menyantap sereal tanpa susu, berikan saja sereal dengan rasa cokelat seperti Koko Crunch, atau sereal rasa madu seperti Honey Star. Si kecil pasti menyukainya.

2. Keju

Tak diragukan lagu, keju bisa menjadi sumber protein dan kalsium bagi si kecil. Selalu sedia keju, terutama yang berbentuk lembaran (slice) karena lebih mudah bagi si kecil memakannya. Ibu bisa membuatnya lebih menarik dengan mencetaknya jadi berbagai bentuk. Si kecil pasti langsung menyantapnya.

Resep : Kroket Kentang Keju

3. Smoothies

Buah segar selalu bisa jadi pilihan tepat untuk kudapan anak. Sayangnya, terkadang si kecil bosan menyantapnya. Nah, Ibu bisa membuatnya menjadi menu yang lain. Misalnya smoothies. Cara membuatnya mudah kok bu, cuku bekukan saja buah-buahan yang diinginkan. Lalu blender dengan yoghurt. Sajikan di saat dingin. Si kecil pasti ketagihan.

4. Ubi manis

Ibu, tahukah, ubi manis itu memiliki berbagai kandungan yang diperlukan si kecil loh. Ubi kaya akan vitamin A, B6 serta C yang baik untuk pertumbuhan fisik anak. Selain itu, Ubi juga mengandung folat yang dapat memaksimalkan perkembangan otak si kecil.

Bingung mengolahnya? Kami punya resep bubur sumsum ubi ungu dan bubur bola ubi manis yang bisa Ibu coba.

5. Telur

Telur menjadi sumber protein tinggi bagi balita. cara mengolahnya pun mudah. Ibu bisa membuat telur orak-arik keju, lalu jadikan isian roti tawar. Omelet keju, jamur dan bayam pun bisa menjadi kudapan penuh gizi bagi si kecil.

Selamat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil ya, Bu!

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini