5 Makanan Untuk Turunkan Kadar Kolesterol

1c48b0bfd1628e4be263297c53a3002c2eada299.jpeg

Makanan yang lezat sudah menjadi hal umum yang banyak diinginkan oleh banyak orang. Bahkan, rasanya ingin setiap hari menyantap hidangan yang enak. Sayangnya, kebiasaan makan enak ini masih kurang diikuti dengan pemilihan makanan yang sehat. Hasilnya, tubuh menjadi lebih rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol yang berlebihan.

 

Kolesterol dikenal sebagai salah satu zat yang kurang banyak manfaatnya bagi tubuh. Sebaliknya, kolesterol yang berlebihan justru akan mendatangkan penyakit yang mengganggu tubuh. Untuk mengurangi jumlah kolesterol yang berlebihan, beragam asupan yang bergizi berikut ini dapat dimanfaatkan.

 

Oatmeal

Semua makanan yang terbuat dari gandum memiliki kandungan serat yang cukup melimpah, termasuk oatmeal. Medical Director Mayo Clinic, Roger Harms, MD, menjelaskan oatmeal  mengandung serat terlarut yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol yang berlebihan. Serat ini akan membantu menyerap kolesterol yang ada dalam darah mengubahnya menjadi zat yang lebih berguna maupun langsung dikeluarkan dari dalam tubuh. Makanlah oatmeal sebanyak 30 gram dalam sakali sajian, untuk anak-anak bisa menyajikan 1,5 sampai 20 gram oatmeal saat sarapan.

 

Ikan

Hampir semua jenis ikan laut baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega-3 yang begitu banyak di dalamnya. Dr. Roger menyebutkan lemak yang ada dalam ikan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Omega-3 akan mengurangi tekanan jantung dan risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol. Rata-rata ikan seperti salmon dan bandeng 120-130 kalori. Upayakan mengonsumsi ikan sebagai lauk dengan takaran minimal 50 gram per sajian.

 

Kacang-kacangan

Walnut, almond dan beberapa kacang-kacangan merupakan camilan yang enak dan menyehatkan. Kacang-kacangan ini mengandung polyunsaturated fat yang bisa mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Dr. Roger juga menambahkan rutin mengonsumsi makanan ini dapat membuat tekanan darah lebih stabil dan kesehatan jantung lebih terjaga. Walnut  bisa dimakan 14 butir sehari, almond 12 butir sehari dan pistachio sekitar 14 butir sehari. Lebih dari itu, kacang-kacangan ini dapat menambah asupan kalori dalam tubuh menjadi berlebihan.

 

Olive oil

Berbicara soal khasiat, olive oil memang sudah tak perlu diragukan lagi. Minyak sawit ini memang kaya manfaatnya bagi tubuh. Dr. Roger menjelaskan olive oil kaya sumber antioksidan yang dapat mereduksi kolesterol yang berbahaya bagai tubuh seperti Low Density Lipoprotein (LDL). Walau begitu, olive oil memiliki kalori yang tinggi, sehingga jangan sampai digunakan secara berlebihan. Manfaatkan untuk sajian pelengkap salad dengan takaran tak lebih satu sendok makan atau tiga sendok makan dalam sehari.

 

Sayuran dan buah-buahan

Selain olive oil, sumber terbesar dari antioksidan terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Dr. Roger menyarankan agar memakan buah dan sayuran ini secara rutin setiap hari. Antioksidan di dalamnya dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi kadar kolesterol yang berlebihan. Di samping itu, buah dan sayuran merupakan gudangnya vitamin dan mineral, sehingga amat disayangkan bila tak sampai dimakan setiap hari. Idealnya, konsumsi sayuran sehari sebanyak 300 gram atau dalam sekali sajian sebanyak 100 gram. Jumlah ini setara dengan satu mangkuk sup sedang. Sementara buah-buahan bergantung ukurannya namun sama dengan takaran asupan harian dengan sayur, yaitu sebanyak 300 gram sehari atau 100 gram dalam sekali makan.

 

Tunggu apalagi, segera nikmati makanan sehat tersebut ya, Bu.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini