3 Tanda Si Kecil Mengalami Dehidrasi

85e1274f3d2045e6e5de0ee36e72a31e32244d96.jpeg

“Hauuuus.....!”

Teriakan si kecil yang seperti itu mungkin sudah sering bahkan hampir setiap waktu terdengar. Hal ini menjadi kabar yang bagus, sebab dengan teriak seperti itu anak-anak bisa tetap minum tepat waktu tanpa harus kehausan. Berbalik dengan kebiasaan itu, beberapa anak kadang terlalu asyik bermain sampai lupa untuk meminum air secara rutin dan cukup. Akibatnya, si kecil lebih rawan untuk mengalami dehidrasi. Biar tidak bingung, begini tanda si kecil mengalami dehidrasi.

Mengeluh sakit kepala
Tanda pertama yang dapat dijadikan acuan si kecil mengalami dehidrasi adalah keluhan sakit kepala atau pusing. Menurut Greg Justice, ahli kebugaran dan fisiologis dari Kansas sekaligus penulis Mind Your Own Fitness, kekurangan cairan dalam tubuh akan membuat kepala mudah pusing. Saat cairan tubuh berkurang, volume darah akan juga akan menurun. Hal ini akan menyebabkan suplai oksigen ke otak juga ikut berkurang. Akibatnya, pembuluh darah membesar dan menimbulkan rasa sakit di kepala.

Air seni berwarna kuning pekat
Air seni merupakan salah satu jenis limbah atau sisa metabolisme yang perlu dikeluarkan dari dalam tubuh. Saat kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi dengan baik, air kencing akan berwarna jernih. Keadaan ini dapat dijadikan sebagai indikator tubuh sehat. Sebaliknya, air seni akan berwarna lebih kuning pekat akibat dehidrasi yang terjadi dalam tubuh. Perubahan warna ini akibat campuran darah yang ikut terserap selama proses ekskresi berlangsung. Begitulah ungkap Greg Justice dalam lansirannya di Live Strong.

Mengalami sembelit
Selain membuat air seni menjadi berwarna kuning, dehidrasi juga bisa menyebabkan feses atau kotoran menjadi keras. Si kecil pun akan lebih mudah mengalami sembelit. Greg Justice mengungkapkan minimnya persediaan cairan dalam tubuh membuat proses pergerakan feses yang ada dalam usus besar menjadi tidak lancar. Feses akan menumpuk dan menyebabkan kenaikan gas seperti nitrogen. Si kecil akhirnya juga mengalami kembung.

Sudah tahu kan tanda-tanda dehidrasi yang terjadi pada si kecil? Maka dari itu, selalu sediakan minuman dan dorong si kecil untuk rajin meminumnya ya, Bu.