Intip Beberapa Manfaat Lingkungan Sehat Bagi Keluarga

57242d2ba343f1ef701d3fc2ea5a7256c371d523.jpeg

Mewujudkan lingkungan sehat sedini mungkin merupakan pilihan yang tepat bagi Ibu dan keluarga.  Menjalani gaya hidup yang mendukung adanya lingkungan sehat dapat dimulai dari perilaku-perilaku kecil dalam kehidupan sehari-hari sekalipun. Jika mempunyai lingkungan yang sehat, berikut beberapa manfaat yang dapat Ibu peroleh bersama keluarga :

  1. Menjaga kesehatan

Manfaat utama yang dapat diperoleh apabila lingkungan sehat adalah tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat didukung oleh berbagai hal, misalnya dari segi makanan serta aktivitas fisik. Sebagai contoh, apabila Ibu dan keluarga beralih lebih sering berkeliling komplek menggunakan sepeda daripada sepeda motor. Bersepeda tidak menimbulkan polusi udara. Selain itu, bersepeda juga dapat menjadi alternatif aktivitas fisik yang membawa dampak baik bagi kesehatan jantung, otot, serta membantu mengontrol berat badan.

  1. Menghemat pengeluaran

Tahukah Ibu, lingkungan sehat juga dapat membantu Ibu menghemat pengeluaran? Sebagai contoh dalam meminimalisir pembelian makanan dan minuman di luar. Daripada membeli di luar yang dapat menimbulkan sampah plastik serta tidak jelas kebersihannya, Ibu dapat mencoba berkreasi dengan aneka resep makanan dan minuman di sini. Contoh lainnya, Ibu pun dapat menjadikan halaman rumah sebagai lahan untuk menanam aneka sayuran. Selain dapat merawat tanaman sendiri dengan pupuk organik yang lebih sehat dan ramah lingkungan, Ibu pun dapat berhemat karena tidak perlu membelinya di pasar.

  1. Lingkungan bersih dan nyaman

Siapa yang tak suka melihat lingkungan yang bersih? Namun, sebaiknya tidak mengandalkan kebersihan lingkungan hanya pada petugas kebersihan ya, Bu. Kebersihan merupakan tanggung jawab semua orang. Selain mulai membiasakan untuk memilah sampah agar sampah yang terbuang tidak berlebihan, Ibu juga perlu membiasakan keluarga Ibu untuk membuang sampah pada tempatnya.  Sampah yang dibuang pada tempatnya tidak akan menghambat saluran air dan tidak mencemari tanah serta air sungai. Selain itu, pada saat musim hujan, banjir pun dapat diatasi. Kini, jika tidak ada tempat sampah di dekat Ibu, yuk biasakan untuk menyimpannya terlebih dahulu.