Duh, Kok Garuk Kepala Terus?

19e78b5d319102845184f50d033f6fd2f7d1faca.jpeg

Awalnya hanya sekali, tetapi lama-lama semakin sering menggaruk kepala. Kalau karena alasan gatal mungkin masih wajar, namun kalau sudah jadi kebiasaan itu yang perlu diwaspadai. Banyak penyebab yang membuat orang mudah garuk kepala. Meski hal itu tampak sepele, Anda juga perlu menyikapinya dengan serius. Sebab, beberapa gatal dikarenakan rambut yang kurang sehat sehingga bisa menyebabkan risiko kebotakan.

Alasan lebih lengkap kenapa sering garuk-garuk kepala, simak dalam ulasan berikut ini.

Tidak cocok dengan sampo
Penyebab pertama kebiasaan menggaruk kepala adalah ketidakcocokan produk sampo dengan jenis rambut dan kulit kepala. Tidak semua sampo kadang bisa digunakan dengan bebas untuk keramas. Hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut berbeda sesuai dengan jenis rambutnya. Jika rambut mudah berketombe maka sebaiknya gunakan sampo antiketombe.

Terlalu sering keramas
Jaringan lemak yang ada di rambut memiliki peran untuk menjaga kelembapan kepala dan membuat rambut tampak lebih sehat. Jika sering menggunakan sampo yang identik dengan bahan kimia, maka dapat mengurangi kandungan minyak rambut. Hasilnya, rambut menjadi kering, kusam dan mudah membuat gatal-gatal.

Sering menggunakan mesin
Kebiasaan lain yang sering dilakukan oleh banyak wanita adalah penggunaan hairdryer yang terlampau sering. Belum lagi menggunakan catok elektrik untuk meluruskan rambut. Panas tinggi yang dihasilkan dari benda-benda ini secara perlahan membuat rambut rusak. Rambut menjadi bercabang, tidak lembut dan membikin Anda lebih sering menggaruk kepala.

Kurang nutrisi
Hal lain yang juga menyebabkan kebiasaan garuk-garuk sering dilakukan lantaran rambut kekurangan nutrisi. Pola makan yang kurang tepat membuat asupan gizi tak sampai termanfaatkan secara maksimal oleh rambut. Proses regenerasi sel menjadi terhambat dan kerusakan rambut lebih mudah terjadi. Maka dari itu, cobalah untuk konsultasi dengan dokter dan hairstylist profesional agar rambut Anda kembali sehat dan indah alami.

Sudah tahu kan penyebab kebiasaan garuk-garuk kepala? Mulai jaga kesehatan aset rambut indah Anda yuk!