Beragam Kegiatan di Luar Rumah Yang Asyik Untuk Dicoba

264dd6e07fa3338e0c0fc03930e9965de3a0864e.jpeg

Sudah bosan menghabiskan hari-hari bermain hanya di dalam rumah saja? Ajak si kecil menghirup udara segar dan merasakan hangatnya mentari di luar sana.

Agar tak cepat bosan, pacu si kecil dengan beragam kegiatan yang mampu menyita perhatiannya sepanjang hari. Untuk itulah anak-anak membutuhkan orangtua yang kreatif seperti Anda. Guna menambah kreativitas Anda dalam memunculkan permainan yang mengasyikkan bagi si kecil, berikut ini beberapa sumbangan ide dari parents.com.

Bersepeda keluarga
Bersepeda bisa menjadi petualangan yang menyenangkan di saat musim cerah. Anda bisa mengajak si kecil bersepeda saat hendak pergi ke tempat-tempat tertentu seperti perpustakaan, toko kelontong dan tempat lainnya yang berjarak kurang dari 2 kilometer dari rumah. Mungkin Anda dan si kecil akan mendapatkan pemandangan berbeda yang biasanya terlewatkan begitu saja jika berkendara dengan mobil atau sepeda motor.

Membawa alam pulang ke rumah
Anda bisa mengijinkan si kecil meminjam ponsel Anda atau beri dia kamera digital yang bisa dipergunakannya untuk memotret hasil temuannya di alam terbuka. Minta ia mengamati pertumbuhan jamur misalnya, atau tanaman lain bahkan hewan yang sedang bermetamorfosis seperti ulat atau katak. Biarkan dia melakukan pengamatan selama beberapa minggu dan minta si kecil mengamati perubahan apa yang ia dapatkan dari membandingkan hasil foto pertama hingga terakhir.

Detektif warna
Buatlah lubang di kertas warna. Sediakan beberapa warna. Minta si kecil berpetualang di luar dengan membawa kertas berwarna tersebut guna mencari padanan warna yang Anda berikan, contohnya, menempelkan warna merah di kuntum bunga, hijau pada rumput biru pada langit dan lain seterusnya.

Mengecat pohon
Jika Anda menemukan pohon yang hampir mati atau daunnya sedang meranggas, itulah kesempatan untuk mempercantik pohon tersebut dengan aneka warna sekaligus membuat si kecil senang. Rendam kapur warna-warni dalam air selama beberapa jam. Kemudian minta si kecil mengolesi batang dengan cairan kapur menggunakan kuas. Setelah cat kering, Anda dan anak Anda bisa menikmati pohon warna-warni hasil kreasi Anda berdua.

Mewarnai bebatuan
Agar batu terlihat cantik dan tidak monoton, Anda bisa mengajak si kecil mengoleksinya terlebih dahulu lalu memberinya 'baju' yang beraneka warna. Pilihlah batu yang memiliki permukaan yang halus. Lalu mencuci dan mengeringkannya. Setelah kering, sapukan lem ke permukaan batu dan mulailah melilitkan benang wol warna-warni ke batu tersebut. Oleskan kembali lem setiap kali hendak menempelkan benang. Bahkan batu ini pun bisa Anda jadikan hiasan di atas meja.

Itulah beberapa ide kreatif untuk membuat si kecil semakin betah beraktivitas di luar rumah. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga bisa menyehatkan karena anak Anda dituntut untuk bergerak. Selamat mencoba!